Selasa, 31 Oktober 2017

CERITA VERSI KAMI

#GamesLevel5
#Tantangan10H
#KuliahBunsayIIP
#ForThingtoChangeIMUstChangeFirst

Day 7

Anak-anak sebenarnya musah dianak atau dierkenalkan drngan budaya baca ini. Kami memang sudah mengawali budaya baca sejak Abang masih bayi. Memang cara membacanya yang disesuaikan dengan gaya belajar  abang waktu itu.

Buku-buku abang waktu kecil juga dibacakan lagi kr Alta sewaktu dia masih bayi. Begitu seterusnya.

Karena sudah terbiasa begitu juga pergi ke perpustakaan mrmang selalu kami agendakan saban pekan jadilah anak-anak sangat familiar dengan buku.

Seperti alta, jika kami ke Perpustakaan atau meski dia tidak turut, dia akan request buku yang ingin dia baca.

'Mi, carikan buku yang banyak gambarnya ya.'
Atau
'Carikan aku cerita princess ya.'

Tentu saja buku yang banyak gambarnya dengan sedikit teks. Karena dia masih berusia 4,6 tahun. Saya pun baru mulai mengenalkan huruf abjad, itupun baru huruf A.

Saya memang tidak memaksakan anak saya hapal huruf-huruf tersebut. Saya ingin mereka tertarik membaca dulu. Tertarik dengan buku dan apa yang ada didalamnya.
Secara alami sebenarnya anak-anak apabila kita teratur mengenalkannya dengan huruf  abjad mereka akan tertarik sendiri untuk belajar membaca.
Dan saat itu tiba saya sudah mempersiapkan materi belajarnya.

Buku dengan penuh gambar tentu saja menjadi bahan bacaan untuk alta dan juga fayyas. Menceritakan isi buku yang minim teks benar-benar suatu tantangan tersendiri buat saya dan suami.

Kami biasanya punya versi masing-masing dalam menceritakan. Dan alta biasanya akan mengoreksi jika ceritanya tidak sama dengan cerita awal yang dia dengar.

Dan karena cerita atau buku tersrbut selalu berulang dibaca maka dia pasti hapal dan ingat tiap cerita dibuku tersebut. Kadang saya minta dia yang mengulang atau bercerita pada saya versi dia tentunya.

Seru deh, mendengar alta menceritakan kembali versi dia. Ini adalah bagian melatih kemampuan mendengar dan bicaranya.

Dan saya tidak pernah males untuk menceritakan buku-buku meski harus berkali-kali.

Hari ini abang masih membaca buku 'Internetan, yuk' . Saya pun masih melanjutkan buku 'The Affair'. Alta request  dibacakan buku 'Aku Bisa Sendiri'. Fayyas dibacakan buku 'Diriku seperti Apa Adanya' serta Apih baca buku ' English for Profesional Lawyer'.

Ini versi kami, mana versimu?

Yuliana
Banjarmasin, 01 November 2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar