Minggu, 29 Oktober 2017

MENCOBA HAL BARU

#GamesLevel5
#Tantangan10H
#KuliahBunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

Day 4

Pagi ini seperti biasa kami sarapan bersama. Setelah sarapan, kami ngumpul di ruang tengah. Saya mengeluarkan beberapa karton berwarna dan mulai membentuk motif daun.
Daun-daun yang akan ditempel di pohon literasi memang belum seluruhnya sudah digunting. Jadi saya gelar semua peralatan yang dibutuhkan di lantai.


Alta yang lagi sakit sejak kemaren maghrib, tanpa diminta ikut membantu sampai selesai mengguntingnya. Dia memang paling suka dengan aktivitas menggunting dan memotong.
Abang dan de fayyas sedang asyik membaca buku. Abang tertarik dengan cara saya bercerita dari buku fayyas yang sangat minim text. Improvisasi yang terpenting dalam membacakan buku ke anak usia 0-5 tahun.

Abang pun akhirnya mengamanti buku tersebut dan mencoba membacakan versi dia ke de fayyas. Karena de fayyas memang suka dengan buku tersebut dia tetap mau mendengarkan dan malah ingin merebut buku tersebut dari abang.

Setelah selesai menggunting, saya kembali diminta alta membacakan cerita dari buku fayyas. Emak ternyata disukai kalo bercerita dengan suara-suara binatang, suara anak-anak, suara nenek, suara orang bijak. Semoga bisa mengasah bakat yang satu ini (tapi tenggorokan cepat sakit…belum tau ilmunya seh)

Gunting-gunting selesai, baca buku anak-anak selesai. Kemudian de fayyas mengambil sepatunya dan minta dipasangkan untuk jalan-jalan di halaman. Meski alta sedang lemas rupanya dia mau menemani de fayyas jalan.

Saya tentu saja tetap mengawasi sambil duduk diteras. Dan tak lupa bawa buku buat dibaca. Bacaan hari ini novel berbahasa inggris karya Lee Child berjudul The Affair bergenre thriller. Alhamdulillah saya bisa sampai part 3 membacanya.

Sebenarnya tidak semua saya tahu arti bahasa inggrisnya (hehe..minim kosakata nih). Saya ingin melatih lidah dan pendengaran agar familiar lagi dengan bahasa inggris yang sudah lama banget saya tinggalkan. Dan membaca novelnya pun harus bersuara agar saya terbiasa dengan kosa kata baru yang ada di novel tersebut.

Dan Apih, hari ini masih menyelesaikan buku yang dibaca kemaren di Bab 2  poin ke 2 , ‘Tugas dan wewenang penyidik menurut UU No, 8  tahun 1981 hal 20-30.

Semoga kebiasaan ini akan terus menjadi biasa. Anak-anak akan cinta dengan buku dan menghargai buku-buku tersebut sebagai benda berharga.

Dan esok anak-anak mengajak ke perpus lagi. ‘OK, deh, Emak siap!’.

Yuliana
Banjarmasin, 29 Oktober 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar