Senin, 18 September 2017

PLAY, LEARN AND FUN

#Day13
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#IbuProfesional
#IIP

#DAFschool
#Borneoschooling


Jadwal hari ini kami dirumah saja. Meski nanti sore memang jadwalnya antar-jemput abang TPA. Capek bukan alasan utama sehingga kami tidak keluar rumah. Saya sendiri tidak capek kalo berkegiatan diluar bersama anak-anak karena saya senang melakukannya. Tepar malamnya memang kadang ada tapi setelah istirahat yang cukup. Paginya kembali fit berkegiatan.



Anak-anak juga nagih untuk keluar rumah. Tapi saya mengkhawatirkan kondisi fisik mereka. Mereka bertiga sekarang lagi flu berat. Alhamdulillah tidak ada yang deman ataupun batuk-batuk. Cuaca Banjarmasin beberapa hari ini memang ekstrim pansnya.



Pengamatan di rumah lebih kepada mengamati apa yang mereka lakukan sembari mengisi waktu mereka. 


#Menyusun stik es krim

Alta mengambil stik es krim yang ada didalam tas yang kemaren dibawa sewaktu ke taman Sabilal. Dia menyusunnya dengan terampil. Ide aktivitas ini memang dari dia. Saya perhatikan sepertinya dia ingin membuat seperti kaka Nayla dan ka eza sepupunya yang beberapa waktu yang lalu membuat seperti ini. 


Awalnya bentuknya memang persis sama tapi susunannya kurang tepat. Saya pun menawarkan bantuan untuk memberikan contoh menyusun yang benar. Akhirnya satu kali contoh saja, alta meneruskannya dengan rapi.


Pengamatan : visual, kinestetik


#mewarnai stik es krim

Kemudian setelah selesai menyusun, alta meminta izin agar dia boleh mewarnai stik eskrim menggunakan spidol. Saya pun mengizinkan. Saya amati dia mewarnai stiknya juga telaten rapi. Memang dia mewarnai stiknya Cuma satu karena katanya nanti spidolnya cepat habis.


Pengamatan : visual, kinestetik


#merobek kertas

Alta meminta saya untuk belajar merobek kertas. Ternyata dia ingat jadwal yang pernah saya beritahu bahwa kami akan beraktivitas merobek kertas sambil berhitung.

Kertas koranpun saya siapkan selebihnya alta sendiri yang mengerjakannya. Dia sudah hapal 1,2,3 dan jumlah benda sesuai angka tersebut. Kemudian dia mencari angka 4 karena saya tidak menyertakannya dalam belajarnya ini. Akhirnya saya keluarkan seluruh angka 1-10. Dia pun minta diperkenalkan dengan angka lainnya.


Pengamatan : visual


#Bermain manik-manik


Manik-manik tersebut sudah ada didalam botol minuman. Rupanya alta sudah membuatnya sedari pagi. Ide inipun datangnya dari dia. Dia memainkannya botol tersebut di lubang kursi berpura-pura seperti memblender. Karena suara gemerincing botol tersebutlah, fayyas akhirnya tertarik. 

Alta terus bereksperimen dengan botol dan memainkannya layaknya maracas. Sembari menari-nari dia membunyikan botol itu. Fayyas pun selalu mengikuti dan seolah minta giliran agar bisa ikut memegang dan mencoba memegang apa yang dimainkan kakanya.

Beberapa saat alta tidak mau mengasihkan botol itu kepada fayyas, fayyas pun sampai harus menangis karena sudah tidak sabar ingin memainkannya. Dan akhirnya kaka alta pun memberikannya ke fayyas. Mereka main bersama.


Pengamatan : auditori, kinestetik.


Dari aktivitas pagi ini, semua ide kegiatan adalah dari alta. Dia memang senang kalo kami selalu punya aktivitas apa saja dimana saja. Buat dia seru. Karena aminya selalu menyediakan aktivitas buat dia dan adiknya untuk bermain dan belajar bersama di rumah. Dan inilah yang membuat saya harus punya referensi yang cukup agar tak mati gaya ketika anak-anak butuh aktivitas baru.


Sementara abang daffa, karena saya menemani dan memantau alta dan fayyas beraktivitas di ruang tamu. Dia kebagian tugas menggoreng ikan. Karena masakan yang lain sudah beres.


Dan tadi ada kejadian selama aktivitas, fayyas menumpahkan botol pewarna yang tersimpan di dalam plastik sehingga berceceran dilantai. Dengan sigap alta turut membantu membersihkan lantai sampai kembali bersih.

Alta juga membantu membereskan semua peralatan belajar dia dengan rapi tanpa diminta.




Yuliana
Banjarmasin, 19 September 201








Tidak ada komentar:

Posting Komentar