Sabtu, 09 September 2017

MENGGAMBAR BULAN

#Day4
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#IbuProfesional
#IIP
#DAFschool
#Borneoschooling

Alhamdulillah sudah masuk hari ke 4. Pengamatan hari ini dimulai sebelum  subuh. Saya masih tidur sedangkan alta ternyata sudah bangun.

Sayup saya mendengar dia berbicara sendiri seperti biasa. Awalnya biasalah dia pasti bicara sambil maenin apa gitu..
Tapi ternyata dia lagi menggambar dengan spidolnya.

Karena penasaran apa sih yang dia lakukan. Saya pun menghampirinya. Saya pun mendekati sambil tangan saya mengaktifkan hape. Tentu saja ingin merekam aktivitasnya tersebut.

Tanpa ditanya, alta mengatakan kalo dia lagi menggambar bulan. Awalnya saya tidak tau dia lagi gambar apa. Ternyata bulan toh.. Seperti bulan sabit katanya. 

' Bolehkan bulannya berwarna macam-macam?alta bertanya. Saya pun mengiyakan. 'Terserah alta mau gambar/warna apapun asal alta senang melakukannya'.
Terus dia juga bilang kalo dia sudah rapi mewarnai tidak keluar garis lagi.

Saya memang tau dia telaten kalo mewarna. Tapi fokusnya kadang hanya sebentar jarang menyelesaikan mewarnainya.
Dan dia pun meminta saya untuk mengikutkan dia lomba mewarnai jika ada lomba lagi (karena beberapa waktu yang lalu sepupunya yang usianya lebih muda dan anak tetangga sebelahnya ikut lomba mewarnai). 


Diapun bertanya kenapa sepupunya tersebut bisa ikut lomba tapi mewarnainya saja masih keluar garis?. Kemudian katanya kenapa kok bisa menang mi? (Kata mama sepupunya tersebut). Saya tidak bisa menjawab pertanyaan ini. Namun saya katakan nanti ami tanyakan dulu ke tante. Altapun mengangguk.

Alta memang sudah sejak lama punya jiwa kompetisi tapi saya tidak begitu suka dengan berkompetisi yang beriming-iming hadiah yang berujung menjadikan mereka ujub.

Namun sayapun mengakhiri pembicaraan dengan mengatakan. Nanti jika ada lomba mewarnai lagi dan alta sudah punya meja mewarna. Alta boleh ikut lomba. Tapi tidak harus mencari menang ya?... Yang penting alta senang melakukannya dengan tuntas.

Pengamatan: visual-auditori



#Botol dan tutupnya

#Fayyas


Pengamatan gaya belajar fayyas lebih kepada menstimulan motorik kasar, motorik halus dan kordinasi mata-tangan saja.


Seperti siang ini setelah bangun tidur siang, saya mempersiapkan 4 botol bekas minuman untuk mengamati gaya belajar fayyas.

Mula-mula saya memberikan contoh apa yang harus dilakukan dengan botol-botol tersebut. 

Satu persatu tutup botol dilepaskan dari mulut  botol kemudian sembari memperagakan cara memasang tutup botol ke mulut botol, saya juga memberi tau warna masing-masing tutup botol tersebut.


Dipercobaan pertama fayyas langsung mengambil botol dan salah satu tutup botol yang ternyata benar pasangannya. Kemudian dia dengan perlahan memasukkan dan mencoba memutar.

Tak langsung berhasil. Tapi dia terus berusaha. Beberapa kali aktivitas ini sempat membuat dia sedikit kesal. Tapi dia tetap tidak meninggalkan botol-botol tersebut. 

Memang kalo untuk memasang dengan kenceng fayyas masih belum maximal. Tapi usahanya untuk terus mencoba tetap memperoleh aprisiasi. 

Sampai-sampai dia memasangnya sambil rebahan dan tetap terus mencobanya.


Pengamatan: Kinestetik, visual


Yuliana
Banjarmasin, 10 September 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar