Kamis, 07 September 2017

BICARA SENDIRI

#Day2
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#IbuProfesional
#IIP
#DAFschool
#Borneoschooling
#BicaraSendiri

Mengenali gaya belajar anak memang sudah lama saya observasi sendiri. Terlebih saat saya mulai mengetahui tentang gaya belajar abang Daffa yang kinestetik-visual.

Dan pada game level#4 ini saya memfokuskan hanya pada kedua bocah adiknya abang Daffa saja (alta-fayyas). Meski untuk alta saya sudah punya gambaran sejak lama mengenai gaya belajarnya yang cenderung ke visual-auditori namun dengan pengamatan di tugas bulan ini akan menambah kemantapan observasi saya selanjutnya.

Jadwal sudah dibuat. Tidak saklek harus berurutan. Saya membuat checklist hanya sebagai acuan agar lebih terarah dan perngamatan saya bisa mendapakan hasil yang maksimal.

Dan pagi ini setelah sarapan pagi seperti biasa saya memberitahu  mengenai jadwal maen mereka (alta & Fayyas).
Setelahnya saya coba mengamati dari kejauhan sesambil mengawasi apabila ada yang mereka butuhkan dan inginkan.

#Bicara Sendiri
#alta4,y

Alta termasuk anak yang lancar bicara sejak usia 2 tahun. Kosa katanya sudah banyak dan dia tumbuh menjadi anak yang supel, kritis dan mulutnya tidak pernah berhenti bicara.

Kalo bukan bicara …ya ngomong sendiri atau bersenandung bernyanyi.

Sudah sering saya perhatikan alta bicara sendiri. Seperti dia berada disebuah cerita dongeng atau cerita yang dia karang sendiri.

Apabila dia sedang maen sendirian. Dia larut dalam dunia khayalan yang diciptakannya sendiri.
Bicara sendiri, dialog sendiri seperti ada orang yang diajaknya maen.
Dia berimajinasi bermacam-macam. Seringnya sih mengenai cerita ibu-anak dan kaka-adik. Bisa bersama boneka kesayangannya bisa juga hanya dengan mainan yang kadang pula diciptakan atau dicarinya sendiri dihalaman rumah.

Memang kalo ada temannya dia pasti memilih maen peran-peranan. Entah dia jadi mama-mama, jadi kaka-kaka dan lain-lain.
Tapi dia yang biasanya mengatur alur cerita, mengatur peran dan temanya.

Selain berbicara seperti berdialog sendiri, mulutnya juga suka bergumam, mengeluarkan nada-nada yang kadang saya tidak mengerti apa yang dinyanyikanya.

Alta lancar berbicara sejak 2 tahun. Alta memang suka liat video menyanyi anak-anak yang beberapa kali saya izinkan dia untuk melihatnya. Selain lagunya yang ditirunya, penampilan si penyanyinya pun kerap dicontohnya. Dan yang paling greget adalah dia juga mau punya pakaian yang sama persis dengan si penyanyi..(ampyun nak..).

Makanya sekarang saya jarang memutarkan video tersebut..hehe..
Tapi keseringan dia bisa nonton diIpad anak tetangga(sepupunya).

Seperti tadi malam dan pagi ini juga berlanjut. Bangun subuh-subuh dia kembali melanjutkan maen playdough dan mulutnya masih seperti orang yang berdialog serta tak lupa berguman dengan nada-nada lagu.

Pengamatan : Auditori


#Menuangkan Air
#alta4,5y
#Fayyas1,4y

Karena alta sudah tau jadwalnya, tanpa saya siapkan alat dan peralatannya. Dia menyiapkan sendiri disamping rumah ditempat biasanya saya mencuci baju. Dengan botol bekas sirup, botol air mineral, baskom cucian dan gayung. Alta menuang air-air yang ditampungnya dibaskom ataupun langsung ke kran ke botol-botol tersebut. dan tak lupa nyanyian dan nada-nada selalu keluar dari mulutnya.

Dan karena melihat alta sedang maen air, fayyaspun menyerbu gabung dengan kakanya. Meski dia sudah mandi tapi saya tetap membiarkan aktivitas yang mereka lakukan karena memang hari ini adalah jadwal mereka bermain sambil belajar dengan media air.
Dan saya sendiri hanya mengawasi didapur sembari memasak.

Pengamatan : kinestetik, auditori


Yuliana
Banjarmasin, 8 September 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar