Selasa, 19 September 2017

FUN LIBRARY

#Day14
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#IbuProfesional
#IIP

#Dafschool
#Borneoschooling



Hampir saja saya terlupa bahwa hari ini adalah hari Rabu. Rabu adalah jadwal rutin kami untuk ke perpustakaan setiap pekannya. Mengembalikan buku dan meminjam lagi adalah pembiasaan yang ingin saya jadikan kebiasaan anak-anak untuk terikat dengan buku.


Buat saya buku adalah hal penting sebagai media untuk menambah wawasan kami sebagai pelaku homeschooling meski sekarang internet sudah sangat canggih dengan berbagai E-booknya. 

Perpustakaan adalah sahabat yang harus kami datangi dan kunjungi setiap pekan. 

Di perpustakaan kami bisa mencari apa saja dan bersenang-senang.


Tiap kali datang ke perpustakaan memang tidak mengkhususkan membaca buku disana. Kami biasanya datang hanya untuk belajar atau bermain-main dengan wahana bermain dan media lainnya yang disediakan oleh perpustakaan.

Membacanya nanti karena kami sudah menjadi anggota perpustakaan jadi bukunya bisa kami pinjem selama 1 minggu.


#Membuat Istana

#Alta4,5y


Seperti hari ini, sesampainya kami di perpustakaan, alta tidak langsung maen seperti biasa, dia langsung menuju rak yang berisi permainan balok kayu dan flashcard. Dia sibuk dengan balok-balok itu. Menyusun satu persatu balok yang pengen dia bangun. Dia lagi membangun istana katanya. Siapapun tidak boleh merusaknya termasuk dek fayyas yang sedari tadi memperhatikan dan ingin pula menyentuhnya. Tapi sayang tidak diizinkan oleh alta.

Sembari dia membangun balok-balok tersebut. sayapun menanyakan bentuk-bentuk dari balok-balok tersebut. Dan alta sudah sangat kenal dengan berbagai bentuk begitu pula saat disodorin pertanyaan seputar bentuk dengan media flashcard.


Pengamatan : visual, kinestetik


#Bermain flashcard

#Alta4,5y


Di perpustakaan ada berbagai koleksi flashcard dan kali ini alta tertarik untuk memainkannya. Saya pun mengambil berbagai tema flash card tersebut. Dari mulai angka ( 1-4) , bentuk, nama-nama benda, dan warna. Semua dijawabnya dengan benar. 

Saya memang belum memperkenalkan huruf secara inten. Karena saya ingin dia tertarik dulu dengan bentuk-bentuk huruf yang dia liat dibuku-buku cerita yang biasa dia minta bacakan.


Pengamatan : visual


#Bermain puzzle

#Alta4,5y


Puzzle cilukba ini diambil alta diraknya. Kemudian dia meminta saya untuk menyaksikan dia membuka tiap potongan puzzle tersebut dan merangkainya kembali. Sembari merangkainya kembali alta melakukannya dengan bercerita. Cerita tersebut dikarangnya sendiri. 

Pengamatan : Auditori


#Berlarian dan berkejaran

#DaffaAltafayyas


Permainan ini kerap dimainkan mereka bertiga setelah buku yang mau dipinjem sudah dipilih. Abangnya sebagai komandannya. Dia selalu mengajak adik-adiknya untuk bermain kejar-kejaran dan bermain bola ditambah memainkan wahana perosotan yang ada di dalam perpustakaan bagian anak ini.

Fayyas dan abang sedari masuk memang sudah bermain bola. Sementara alta masih konsen membuat istana baloknya.

Tak ada capeknya mereka ini. Pengunjung perpustakaan memang hanya ada kami. Dan itulah keuntungannya. Kami bisa bermain dan memainkan permainan yang disediakan tanpa harus berebut dan bergantian dengan orang lain.

Pengamatan : Kinestetik 


Ada 4 buku yang kami bawa pulang untuk kami baca pekan ini. Alta memilih sendiri 2 buku untuknya ; Hantu lucu, komik ulumul qur’an, kemudian abang daffa memilih 1 buku Ringkasan Rumus SD dan 1 lagi buku untuk saya baca dan pelajari yaitu The Power of Storytelling.



Yuliana
Banjarmasin, 20 September 2017









Tidak ada komentar:

Posting Komentar