Jumat, 15 September 2017

AKU MELIHATMU

#Day9
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#IIP
#DAFschool
#Borneoschooling

Pengamatan hari ke 9

Sudah hari ke 9 aja nih. Nga kerasa. Apa mungkin karena aktivitas yang dilakukan memang yang saya suka dan anak-anak suka.

Pagi ini saya tetiba sakit perut. Meski begitu saya harus  menerima tugas di sesi Jumat Hangat grup Bunsay IlP Kalimantan batch#2.

Meski body masih agak lemes karena berulang-ulang harus ke belakang. Saya juga masih harus menjawab sharing dan pertanyaan yang masuk dengan disambi menemani fayyas bermain.
Awalnya abang Daffa yang menemani dek fayyas maen di rumah tetangga. Namun karena sudah mengantuk jadi dek fayyas bobo diayunan.

Saya menemaninya masih dalam posisi rebahan karena masih lemes.

Pengamatan : Visual

#Lihatlah saya

Sore kemaren saya sengaja membeli karton putih untuk kegiatan kami hari ini. Setengah dipaksakan meski body rontok. Anak-anak minta aktivitas yang dijanjikan yang berhubungan dengan karton tersebut.

Saya mulai membentangkan kertas karton di lantai dengan selotip agar tidak bergeser. Kemudian meminta Fayyas berbaring.
Yah...namanya juga bocah, bukannya telentang, dia malah tengkurap. Jadilah saya mulai mencetak bentuk badannya dengan cepat karena beberapa kali dia bergerak.
Melihat fayyas dibikinkan gambar dirinya, Alta juga kepengen. Dan saya pun membuat untuk alta meski ukuran tubuh alta lebih panjang dari kartonnya.

Gambar selesai, fayyas selalu menatap gambar tersebut, selain menatap dia berulang-ulang mengelus, menyentuh dan duduk diatasnya.

Kamipun mulai menggambar mata, hidung, telinga dan bibir. Satu persatu diperkenalkan ke fayyas nama-nama anggota tubuhnya sambil menyentuh bagian tubuhnya ( misalnya : ini mata fayyas, tangan saya menyentuh gambar mata dikarton terus menyentuh mata fayyasnya).

Dan alta sangat konsen dengan gambarnya dan mewarnai bagian baju di gambar tubuhnya. Dan tentu saja sambil bernyanyi lirih.

Kegiatan ini melatih pemahaman tentang bentuk tubuh, melatih pemahaman menghubungkan gambar dan tubuhnya sendiri. Pemahaman awal tentang nama warna, dan pengayaan bahasa.

Pengamatan : Visual, auditori, kinestetik

Yuliana
Banjarmasin, 15 September 2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar