Minggu, 17 September 2017

JELAJAH TAMAN

#Day11
#Level4
#Gaya BelajarAnak
#Kuliah BunsayIIP
#IbuProfesional
#IIP

#DAFschool
#Borneoschooling

Pengamatan hari ke 11

Alhamdulillah hari ini cuaca sangat bersahabat dan sayapun sudah fit setelah 2 hari body lemes karena sakit.

Pagi ini tanpa ada rencana kami bersiap menuju Taman Kamboja lagi. Mumpung cuaca bagus untuk santai di taman. Hari ini saya hanya mengajak 2 bocil; Alta dan fayyas saja. Abang daffa tidak mau ikut karena dia sudah punya acara sendiri bersama teman-temannya dan sepupunya.

Kami tiba di taman, masih dengan cuaca yang tidak terlalu panas juga tidak mendung. Sejuk deh..,cocok untuk bersantai pokoke.

Kelihatannya taman sangat ramai, maklumlah kan hari Ahad. Biasanya kan kami kemari selalu hari biasa. Tapi tak apalah sekaligus melatih anak-anak untuk bertemu banyak orang.

Spot yang biasa kami menggelar tiker masih kosong jadi kami putuskan tetap memilih posisi tersebut, kata alta lebih dekat dengan wahana bermainnya.

Diawali sarapan buryam, anak-anak menyuap buburnya masing-masing. Untuk alta, dia sudah rapi kalo makan. Untuk fayyas tentu saja lebih sering belepotan tapi biarlah namanya juga belajar. Kan bisa dibersihkan.

#Ayo Bermain Bola
#Fayyas1,4y

Bola memang sengaja dibawa untuk pengamatan belajar hari ini. Fayyas tertarik pada bolanya namun diawal-awal dia tidak mau bergerak sedikitpun dari tempatnya duduk untuk mengambil bolanya yang keluar/terlempar jauh dari tiker.
Dia hanya meringis atau teriak agar saya atau alta mau mengambilkan bolanya dan memberikannya ke dia.

Rupanya dia merasa tidak berani keluar atau berjalan dari tiker karena saya tidak bergerak juga dari sana. Baginya rumput dan lingkungan di taman ini masih belum familiar. Namun setelah saya bergerak dan berjalan keluar dari tempat saya duduk (tiker), fayyas pun mengamati kemudian dia langsung berdiri dan mengikuti saya. Setelah itu dia malah tidak mau balik lagi ke tiker kami.

Akhirnya maen bolanya hanya bertahan 2-3 menit saja.

Pengamatan : visual, kinestetik

#Berjelajah dengan kaki
#fayyas1,4y

Aktivitas ini paling lama dilakukan fayyas disekitaran taman. Dia mulai nyaman berjalan di taman, di rerumputan, diantara pohon-pohon, ditanah kerikil, dilantai paving, dikisi besi got, dan tak lupa memungut batu kerikil, mencakar-cakar tanah berpasir serta memanjat akar pohon yang menyembul ke atas tanah.

Alhamdulillah dari semuanya, fayyas sudah tau kalo apa yang dia pegang bukan makanan jadi amanlah buatnya.

Pengamatan : visual, kinestetik

#Mencari Helai Daun dan Bunga
#Alta4,5y

Setelah sarapan alta langsung minta izin untuk melihat bunga-bunga yang ada disekitar taman. Dan sayapun menugasi dia untuk mencari daun-daun yang ada ditaman. Tentu saja yang bisa diraihnya.
Memang saya sudah mempersiapkan aktivitas ini apabila kami berkunjung ke taman. Dan karena alta suka mengumpulkan daun dan bunga jadi klop deh.. tugas ini saya berikan ke dia. Dan alta tentu saja senang melakukannya.

Setelah kesana kemari (tidak jauh sih, pokoke saya masih bisa pantau dia). Alta bawa beberapa bunga dan daun. Ada yang saya tau namanya ada yang belum.
Kemudian dia datang lagi bawa ranting pohon. Dia susun berjajar terus dia hitung, meski masih salah hitungannya namun dia ternyata suka permainan berhitung dengan media apa saja.

Dan tak lupa juga menemukan bunga putri malu yang selalu membuat dia terheran-heran.

Pengamatan : visual, auditori, kinestetik

# Mendengarkan cerita
#alta dan fayyas

Karena sudah cukup penjelajahan mereka. Saya pun memanggil mereka untuk mengemil biskuit yang tadi kami beli di minimarket sebelum taman. Sembari mereka duduk ngemil, sayapun mengambil buku cerita yang kemaren kami pinjem di Pustardakalsel. Saya membacakan sebuah cerita tentang ‘kelebihan landak’.

Tentu saja sepanjang saya cerita, alta tak hentinya bertanya seperti, ’bulu landak kenapa tajam? rumput yang dimakan kuda kayak gini ya? Sambil nunjuk rumput ditaman dan lain-lain. Lamanya bercerita hanya 5 menit. Kemudian alta kembali mencari daun dan fayyas kembali berjalan dan menghampiri satu anak yang lagi main ditemani kakenya.

Pengamatan : auditori

Yuliana
Banjarmasin, 17 september 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar