Sabtu, 04 November 2017

MENDENGARKAN = MEMAHAMI

Day 11


Tadi malam kami sudah sepakat mengenai aktivitas apa yang akan kami lakukan bersama esoknya.


Dan pagi ini kami sudah bersiap di ruang tengah untuk membaca dan belajar bersama.


Buku yang dibaca pagi ini berjudul ‘Lily Dan Kue yang Tak Enak' (Masih di kumpulan 7 cerita kebiasaan anak bahagia). Alta dan fayyas mendengarkan saya bercerita sambil rebutan duduk dipangkuan. Dari cerita ini mengandung makna bahwa kita harus berusaha memahami lebih dulu atau mendengarkan agar tidak terjadi kesalahpahaman yang akan berakibat sesuatu yang kurang menyenangkan.


Mendengarkan atau listening memang membutuhkan waktu namun dibandingkan bila kita terpaksa kembali dan meluruskan kesalahpahaman sementara kita sudah terlanjur terjadi kesalahan itu lebih memakan banyak waktu, tenaga dan emosi didalamnya.


Listening skill bukan saja dilatihkan ke anak-anak kita namun juga harus dipahami oleh siapapun termasuk kita orang tuanya. Termasuk kita orang dewasa dan para guru . Karena kadang kita kurang mendengarkan sehingga sering salah menilai dan cenderung menghakimi anak-anak.


Semoga kita selalu dimampukan untuk mendengarkan anak-anaK kita dengan segala cerita mereka karena sejatinya anak-anak hanya ingin dipahami begitu juga kita.


Kemudian kami pun melanjutkan belajar. Kali ini melatih motorik halus seperti memasukkan kawat bulu ke lubang untuk de fayyas yang sudah agak mendingan. Dan menjahit untuk alta (dia memilih sendiri aktivitas ini).


Dan saya sendiri baru mulai membaca novel berjudul ‘The Janson Commad’ part 1. Karena saya juga keasyikan membaca buku anak-anak yang memang 2 bahasa. Jadilah bahan bacaan mereka juga jadi bahan latihan saya untuk melatih lidah saya mengucapkan bahasa inggris.



Yuliana

Banjarmasin, 5 November 2017


#GamesLevel5
#Tantangan10H
#KuliahBunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst





Tidak ada komentar:

Posting Komentar