Jumat, 10 November 2017

MEMBACA MAMPU MENUMBUHKAN KREATIVITAS DAN MENCIPTAKAN PELUANG

#GamesLevel5
#Tantangan10H
#KuliahBunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

Day 17



Akhirnya sampai pada tantangan hari ke 17. Hari terakhir di games level 5. Banyak sudah bahan bacaan yang menemani kami selama 17 hari ini . dan banyak pula hal-hal menarik serta keseruan yang kami alami.

Namun kami tidak akan berhenti membaca meski tantangan sudah berakhir. Rasa haus akan ilmu dan bahan bacaan akan terus mengisi relung hati dan jiwa kami sekeluarga.

Memang dalam beberapa hari ini yang terlihat membaca buku hanya alta dan de fayyas.  Sedangkan abang Daffa lagi disibukkan dengan projeknya. Setelah membaca buku yang beberapa hari lalu dipinjem. Dia lebih bersemangat membuat projeknya lagi di laptop. Dan ternyata dia cerita bahwa bahan yang dia kumpulin ada yang mau beli.

Akhirnya saya dan suami setuju memberi dia uang untuk memprint dan memfotocopy dalam jumlah agak banyak dan menjualnya.

Awalnya saya khawatir dengan materi yang dia copy dari beberapa blog  yang dibaca tersebut. Saya coba beri pengertian mengenai hak cipta seseorang dalam hal karya. Alhamdulillah dia mengerti dan diapun tidak mengcopy paste tulisan yang ada diblog atau website tersebut.

Abang daffa pun menjelaskan apa yang dikerjakannya adalah serangkaian kode yang dikumpulinnya untuk bisa memainkan sebuah games.
‘Kalo dalam bentuk teks, mana mau anak-anak itu baca, mi!’.

Menumbuhkan minta baca memang tidak instan apalagi menumbuhkan sebuah kreativitas yang akhirnya mampu membaca peluang menjadi sebuah usaha (meski baru skala kecil) adalah pencapaian prestasi yang luar bisa buat kami orangtuanya.

Daffa memang tidak bersekolah formal, dan dia homeschoolingpun lebih berkiblat ke unschooling. Yaitu dia belajar yang dia mau saja dengan cara dia saja.

Dan kami orangtuanya memang harus sabar mendampingi, membersamai dan memfasilitasi saja. Selebihnya biarlah kreativitasnyalah yang akan membimbingnya menuju impiannya.

Yuliana
Banjarmasin, 11 November 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar