Kamis, 09 November 2017

MEMBACA BUTUH KOMITMEN DAN KONSISTEN

#GameaLevel5
#Tantangan10H
#KuliahBunsayIIP
#FirstThingtoChangeIMUstChangeFirst

Day 15

Terus menumbuhkan gairah baca tidaklah sulit sebenarnya. Hanya butuh komitmen dan konsisten kita terutama untuk menumbuhkan gairah baca dan minat anak-anak terhadap berbagai bahan bacaan.

Membiasakan membaca memang bukanlah proses instan namun harus selalu dilakukan agar jadi kebiasaan. Kita harus membentuk kebiasaan tersebut agar kebiasaan itu jadi terbentuk nantinya.

Tantangan demi tantangan mrmang akan selalu ada seperti kurangnya bahan bacaan, mahalnya harga buku, jauhnya akses buku berada, minat membaca yang kurang atau bahan bacaan tidak sesuai usia.

Inilah tugas kita selaku orang tua memberikan zona membaca yang nyaman. Sehingga anak-anak menyukai aktivitas ini. Mengusahakan dengan segenap hati dan jiwa agar anak-anak menyukai dan akhirnya buku menjadi kebutuhan yang akan selalu mereka  cari dan cari.

Dan alhamdulillah Alta selalu menyukai aktivitas membaca buku malah kadang dia yang selalu mengingatkan kami agar membaca buku pada hari tersebut.

Hari ini Apih juga terlibat membacakan buku untuk alta. Memang masih terdengar monoton dalam bercerita namun niatan ini harus didukung terus agar Apih pun merasa nyaman saat membacakan buku untuk anak-anak dan akhirnya akan tercipta komunikasi inten antar mereka.

Yuliana
Banjarmasin, 9 November 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar