Selasa, 28 November 2017

MENGENAL KONSEP TURUN-NAIK DAN JEMARI

#Day7
#Tantangan10Hri
#Level6
#Kuliah BunsayIIIP
#IloveMath
#MathAroundUs


Alhamdulillah hari ini kondisi saya mulai fit dan bisa beraktivitas bersama anak-anak lagi. Dan kebetulan apih pun datang. Jadi kita berlima lengkap berkumpul.
Momen seperti ini adalah yang dinanti. Dan disaat apih mereka datang adalah suatu kebahagiaan tersendiri buat saya karena  kita bisa berbagi pekerjaan rumah.

Sejak pagi, fayyas dan alta sudah keluar halaman ditemani apih. Fayyas mulai belajar naik ke jalan cor yang baru beberapa hari kering. Tinggi jalan cor ini memang lumayan tinggi buat fayyas. Biasanya fayyas akan berteriak minta bantuan agar dibantu turun dan naik.

Karena mau mengajarkan ke fayyas bagaimana caranya bisa naik dan turun sendiri tanpa bantuan maka apih  memberikan contoh. Berulang-ulang dicontohkan dan diminta duduk dulu sebelum menurunkan kakinya. Fayyas pun mengikuti sampai posisi duduk saja belum mau untuk menurunkan kakinya sendiri.

Sewaktu mengambil ancang-ancang duduk pun dia belum bisa memperkirakan jarak antara pantat dan tepi jalan. Buat kami bukan hasil yang  jadi tujuan namun lebih melatih kepercayaan dirinya untuk melakukannya sendiri dan belajar problem solving juga.

Dikegiatan ini fayyas belajar untuk mengenal konsep turun-naik dan memperkirakan jarak antar dia ke tempat yang dituju.
Dan saat kegiatan ini berlangsung alta sedang asyik duduk-duduk di atas batok kelapa dan buah kelapa yang baru jatuh dari pohonnya karena hujan tadi malam.

Sayang saya belum sempat memfoto kegiatan ini. Maklum kalo terlalu pagi ditambah cuaca rada mendung. Lensa hape pasti burem…hedeh.


Siangnya, alta dan sepupunya tetiba datang dan minta saya untuk menggambar henna ditangan mereka berdua. Awalnya saya nga mau, bukannya males tapi memang nga bisa gambar henna.

Namun sambil menggambar tangan mereka satu persatu, saya pun mengajak alta untuk berhitung jari-jarinya yang sudah digambar henna.  Dan menyebutkan nama tiap jarinya juga.

Alhamdulillah ternyata alta sudah bisa menyebutkan nama jari kecuali sepupunya masih diberikan contekan jawaban oleh alta apabila saya menanyakannya.  Usia mereka hanya terpaut 4 bulan.


Kadang kita sebagai orangtua tidak menyadari hal-hal kecil disekitar kita bahkan tubuh kita sendiri sebagai bahan pembelajaran yang sungguh berarti untuk menambah pengetahuan dan rasa penasaran anak-anak.

Kita orang tua harus lebih peduli akan pengetahuan yang sebenarnya sudah ada disekitar kita. Tergantung  kita menggalinya seperti apa.


Yuliana | 29 November 2017



Tidak ada komentar:

Posting Komentar