Jumat, 10 November 2017

BERCERITA SAMBIL BELAJAR MATH

#GamesLevel5
#Tantangan10H
#KuliahBunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

Day 16

Hari ini kami sedikit memvariasikan aktivitas membaca kami dengan belajar math.

Awalnya secara spontan alta mulai menghitung sambil dibacakan buku. Jadilah setiap halaman yang dibacakan menjadi lebih menyenangkan. Mengitungnya tidak yang sulit ataupun tidak sesuai kemampuan alta.

Jadi ditiap halaman buku, jika ada benda, binatang, tumbuhan atau orang, kita akan mengitung jumlahnya sama-sama. Serta mencocokkan dengan jumlah jari alta.

Memang tidak selalu benar tebakan alta karena dia baru menguasai hitungan sampai diangka 4 saja selebihnya dia masih belum mengingat urutan ataupun jumlahnya dengan benar.

Dan buku yang dibaca siang ini berjudul 'Telur Naga Yang Malang'. Dari cerita ini alta mulai menghitung jumlah naga yang terdapat di gambar, kemudian menghitung jumlah kayu bakar yang dikumpulin serta tak lupa selain belajar math, alta juga belajar berempati dengan ekspresi yang tergambar oleh tokoh yang ada di buku cerita.

Disetiap buku yang dibacakan ke alta selalu saya selipkan pelajaran yang bisa diambil hikmahnya. Saya sadar meski usianya baru 4,6 tahun namun kemampuannya dalam menyerap pelajaran dari lingkungan dan buku akan membuat dia kaya pengalaman dan pengetahuan.

Yuliana
Banjarmasin, 10 November 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar