Kamis, 01 Februari 2018

5 TAHUN ALTAMISELA

#Day1
#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#Rezekiitupastikemuliaanharusdicari
#CerdasFinansial


Subuh ini tak biasanya alta belum bangun. Hampir setiap hari dia bangun lebih dulu dari saya bersama adiknya fayyas dan langsung pergi ke dapur nenek dan datu untuk meminta kue yang masih panas karna memang kue-kue jualan nenek dan datu dibikinnya mulai jam 3 subuh.


Saya bangunkan dan ciumi tengkuknya. Altapun kegelian dan minta saya berhenti melakukannya. Gadis kecil ini genap berusia 5 tahun hari ini. Usia yang buat kami orangtuanya adalah berkah luar biasa. 

Jika harus mengingat kembali apa yang terjadi 5 tahun yang lalu atau malah jauh sebelumnya karena peristiwa-peristiwa itu saling berkaitan. Maka alta adalah rezeki yang memang ditungGu-tunggu setelah 2 janin dan 1 kakaknya meninggal. 


Dan setelah membaca materi tantangan level 8 ini mengenai rezeki bukan hanya seputar uang, gaji dan pendapatan materi lainnya. Semua hal adalah bagian dari rezeki yang sudah diatur kadar dan waktunya oleh Sang Pemilik Semesta. 


Dan bersyukur adalah bagian dari pembelajaran yang harus ditanamkan sedari dini di dalam pikiran anak-anak agar selalu merasa rendah hati terhadap apa saja yang mereka miliki ataupun tidak.


Dan tentu saja Ridho akan semua takdir Ilahi adalah yang utama. Sehingga jika penghidupan tak sejalan seperti keinginan kita maka keimanan dan kewarasan akan terus terpelihara sampai ajal menjemput.



Kembali ke hari kelahiran alta, tak ada perayaan, tak ada kejutan lagu ulangtahun, tak ada kue sebagai pemanis hari, apalagi lilin angka sebagai reminder lamanyadia diberi kehidupan oleh Sang Pencipta. Saya berdoa dan berterimakasih di telinganya bersyukur akan rezeki umur yang diberikan Allah pada alta. 

Dan memberikan doa terbaik buatnya. Alta pun tersenyum. 


Memang beberapa hari yang lalu sempat saya ingatkan jika tanggal 1 Februari ini dia akan berusia 5 tahun. Namun bukan kue atau pernik ulangtahun lainnya yang disebutkan. Gadis saya ini hanya bertanya jika usianya kini 5 tahun jadi dia lebih besar ya dari Akhdan sepupunya yang duduk di TK besar. Saya pun menjawab beda sedikit. Alta tersenyum dan bangun serta langsung mandi.


Menjawab tantangan games kali ini, ada 2 tugas yang harus saya tuntaskan bersama anak. Untuk alta karena usianya dibawah 7 tahun maka menabung adalah hal yang terbaik sebagai awal pembiasaan untuk memenuhi keinginan ataupun kebutuhannya. Serta memberikan pemahaman akan perbedaan antara keinginan dan kebutuhan serta rasa syukur kepada Allah.


Kemaren malam, saya sempat bertanya, “apa yang dia inginkan?”. Alta menjawab, “aku ingin sandal.” Padahal dia dan saya tahu jika ada 2 sandal yang masih layak pakai untuknya. Artinya ini adalah hanya keinginan dan ternyata dia ingin punya sandal seperti sepupunya saja. 

Saya pun tidak mengabulkan juga tidak menolak, namun mengajaknya agar menyisihkan uang jajan yang sering dimintanya untuk jajan di warung nenek mudanya untuk ditabung. Alta pun setuju.


Dan untuk abang Daffa, karena usianya hampir 13 tahun jadi sebagai pembelajaran mengenai mini budget. Dia akan membuat laporan keuangan sederhana dari uang jajan dan upah kerja membantu saya sebagai editor foto produk. 


Beberapa bulan yang lalu abang Daffa saya tawarin untuk menjadi admin dalam usaha yang baru 2 bulan ini saya tekuni. Berjualan online dan menjadi reseller buku anak dan beberapa produk lainnya. 

Dengan kesepakatan setiap dia bantu posting dan akhirnya ada yang beli maka dia berhak dari setiap produk tersebut Rp 5000 dan juga jika dia selesai mengetik ulang artikel pendek sebgai bahan sharing saya di sosmed dia berhak 5000 per artikelnya. 

Namun rupanya dia belum konsisten karena keinginan maen games masih mendominasi kesehariannya.


Memang abang Daffa hanya diberi uang saku Rp 5000 tiap kali dia masuk TPQ per 4 kali dalam sepekan. Namun ternyata dia mampu mengatur uangnya sejauh yang saya tahu karena dia mampu merem keinginan jajannya demi agar bisa maen di warnet.



Ini baru hari pertama. Masih ada hari-hari berikutnya dan saya yakin kami mampu menyelesaikan tantangan kali ini dengan lebih terorganisir lagi.



Yuliana | 1 Februari 2018











Tidak ada komentar:

Posting Komentar