Jumat, 16 Februari 2018

CERDAS BERBAGI

#Day16
#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#Rezekiitupastikemuliaanharusdicari
#CerdasFinancial


Saban Jumat, kami punya satu kebiasaan sejak dulu. Yaitu menyiapkan infaq terbaik untuk dibawa ke Mesjid. Dan kebiasaan ini selalu dijalankan pula di keluarga besar kami.  Jadi setiap abang Daffa mau berangkat ke Mesjid maka abang akan berkeliling menawarkan diri untuk dititipi infaq ke Mesjid.

Berbagi dengan bersedekah adalah bagian dari kecerdasan finansial dan ini harus dipupuk dan diteladankan sejak dini ke anak-anak. Anak-anak harus paham bahwa disetiap rezeki yang mereka miliki ada hak orang lain. Dan ada pula hak Allah.

Tidak penting banyak atau sedikit. Kesadaran akan berbagi  serta menyisihkan sebagian kecil dari harta milik pribadi  juga  sudah baik. Dan ini memang harus dicontohkan. Anak-anak akan mengingat jika berbagi adalah sebuah kebiasaan baik dan harus terus dilakukan.

Allah memang Maha Kaya sehingga Allah tidak memerlukan harta kita hambanya, namun harta yang kita sedekahkan atau kita bagikan dijalan Allah itulah harta kita sebenarnya nanti di Akhirat kelak.

Berbagi juga tidak harus berupa uang namun apa saja yang bisa dimanfaatkan atau bernilai buat orang lain.  Jadi anak-anak akan memiliki pemahaman bahwa rezeki yang mereka miliki juga ada rezeki orang lain disana. Dari harta atau rezeki yang kita peroleh juga bagian dari rezeki orang-orang yang tidak mampu. Dan juga anak-anak dipahamkan kalo berbagi tidak harus menunggu berlebih dulu. Namun haraus erus menerus semampunya kita. Seikhlasnya kita. Karena sesungguhnya kemuliaanlah yang harus dikejar bukan materi semata.

Yuliana | 16 Februari 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar