Sabtu, 10 Februari 2018

MENABUNG = MENAHAN DIRI

#Day10
#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#Rezekiitupastikemuliaanharusdicari
#CerdasFinancial


Sampai juga di hari ke 10 tantangan 10 hari Games Level 8 ini. Mendidik anak cerdas finansial.

Saya memang memfokuskan games level ini pada Alta yang baru beberapa hari yang lalu genap 5 tahun. Memperkenalkan konsep menabung ke dia memang sudah pernah digaungkan namun belum pernah disosialisasikan dengan tabungan beneran.

Alta cuma tahu jika menabung ya ke bank. Karena dia beberapa kali pernah diajak ke Bank. Saya pribadi pun sudah tidak pernah lagi menabung uang di rumah. Cuma biasanya saya memilah sendiri uang yang disimpan di dompet sesuai kebutuhan dan waktunya kapan akan dibutuhkan.

Di tantangan inipun saya tidak menyediakan atau membeli tabungan khusus. Hanya menggunakan toples/ wadah mangkuk bekas dan tranparan pula. Sehingga kami semua di rumah bisa melihat berapa uang yang telah disimpan.

Jadi setiap kali semangat alta mengendur, maka saya akan menunjuk uang yang ada di dalam toples transparan tersebut sebagai pemecut semangat.

Mengingat ini sudah di hari ke 10. Buat saya pribadi untuk percobaan pertama yaitu menabung untuk alta, bisa dibilang berhasil. Berhasil menahan keinginan lain, mulai paham bahwa memperoleh sesuatu itu tidak bisa instan. Ada proses yang harus dilalui yaitu bersabar,

Meski godaan dan rengekan ada beberapa kali terdengar. Godaan itu lebih sering dari luar. Entah dari sepupunya, abangnya, adiknya atau teman mainnya. Namun karena selalu diingatkan dia akan langsung mengalihkan sendiri keinginannya.

Siang inipun sama, Alta tergoda untuk jajan karena sepupunya yang sudah seminggu ini dititip disini selalu membawa jajanan atau uang sendiri untuk jajan. Membuat alta menjadi iri dan pengin jua bisa seperti sepupunya tersebut.

Buat saya lebih susah mengatur orang lain daripada Alta sendiri. Namun alhamdulillah hari ini pun godaan itu bisa berlalu tanpa ada tangisan.

Keinginannya yang kuat untuk beli sepeda ternyata mampu mengalahkan keinginan sesaatnya lainn. Yaitu jajan.

Dan karena dia tidak jajan, maka gantinya dia selalu banyak makannya. Sehari bisa 4 kali dia makan dan nambah. Alhamdulillah.

Meski saya berjanji akan membelikannya sepeda sebenarnya saya sendiri belum punya kepastian bahwa bulan depan bisa membelikannya. Saya hanya yakin bulan depan bisa mewujudkannya tentu saja Allahlah yang akan memberikannya (ada klien yang janji bayar bulan depan).


Yuliana |10 Februari 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar