Rabu, 07 Februari 2018

BANK SYARIAH ITU APA SIH?

#Day7
#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#Rezekiitupastikemuliaanharusdicari
#CerdasFinancial



Tadi malam sebelum tidur, setelah membacakan cerita/kisah. Biasanya kami pun ngobrol. Diawali dengan bercerita mengenai pekerjaan saya. Dan sampai ke hal komisi yang baru saya terima dari pusat karena bulan kemaren berhasil menjual satu even kursus online.

Kemudian saya cerita, tadi siang saya ditranfer cepat karena rekening bank yang saya punya memang yang diprioritaskan akan memperoleh kiriman komisi terlebih dahulu.
Namun untuk berikutnya pusat mengharuskan semua resellernya menggunakan satu bank konvensional yang paling terkenal yaitu sebuah bank swasta yang terkenal.

Nah, dari sinilah abang mulai tertarik dan bertanya. Seperti kenapa harus itu?,  itu kepanjangannya apa? Dan dia pun bertanya kenapa saya sedikit keberatan mengenai pertanyaan yang saya ajukan sendiri yaitu “Kenapa bukan bank syariah saja. Kan jadi terhindar dari Riba?”.
Abang Daffa pun makin tertarik dan menghentikan kegiatannya hanya untuk menunggu saya menjelaskan keberataan saya, bank syariah  dan bank konvensional tadi.

Pertanyaan mengalir  terus seperti bank syariah itu apa? Apa beda bank tadi yang dibicarakan dengan bank syariah, bank syariah itu apa saja, bank konvensional apa saja. Dan kenapa saya lebih condong ke bank syariah?

Akhirnya saya pun mulai memperkenalkan bank-bank yang ada di Indonesia, bank apa saja yang berbasis syariah dan bank konvensional, hukum-hukumnya antara kedua jenis bank tersebut, dan keuntungan mengunakan syariah.

Pertanyaan abang pun ditutup dengan,
“Ami, banknya apa?”.

Saya dengan tersipu menjawab,
“Ami masih menggunakan bank konvensional bang. Mudahan secepatnya bisa berpindah.”

“Yahhhh…, ami. Kiraain ami udah bank syariah.” Dengan sedikit guyon dia meledek saya.

Meski hari ini saya skakmatt  sama abang Daffa. Namun saya juga menang. Menang memancing rasa penasaran dia yang sudah lama tidak tertarik dengan topik apapun selain gamesnya.

Pengenalan mengenai bank ini juga bagian dari cerdas financial. Agar dia paham dan mengerti apa kegunaanya sebuah bank baik untuk pribadi, usaha dan negara. Tentu tidak lepas juga harus tetap menanamkan bagaimana menyimpan uang secara syariat sesuai perintah Allah agar selamat dunia dan akhirat.

Yuliana | 7 Februari 2018



Tidak ada komentar:

Posting Komentar