Minggu, 04 Februari 2018

ANGPAOKU

#Day5
#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari#Level8
#Rezekiitupastikemuliaanharusdicari
#CerdasFinancial

Tiga hari ini abang Daffa mulai terbiasa membuat catatan keuangan mininya. Dia mulai menikmati alurnya.

Seperti pagi ini, di rumah kedatangan nenek gulu dari Barabai. Dan biasanya setiap beliau datang maka seluruh cucu akan mendapatkan angpao termasuk yang tua-tua jua seh.. (hehe).

Nah, karena sudah seperti itu, maka saya pun mempersiapkan wacana apa yang akan mereka lakukan dengan uang yang diterima. Setelah berterimakasih. Anak-anak laporan ke saya mengenai angpao yang mereka terima berikut jumlahnya.

Alta dan Fayyas memperoleh angpao masing-masing Rp 5000 . Sedangkan abang Daffa Rp 10.000. Untuk abang Daffa saya tidak ikut campur tangan akan pengelolaan uangnya tersebut. Saya hanya mengingatkan dia harus membuat laporan keuangannya untuk hari ini.

Untuk Alta dan Fayyas, mereka langsung saja menuju warung nenek mudanya. Langsung menunjuk biskuit kegemaran mereka. Untuk Fayyas dalam seharian ini dia sudah menghabiskan Rp 4000. Fayyas memang tidak tahu mengenai jumlah. Asal aja. Cukup alhamdulillah kalo nga cukup ya, ambil dulu.. itu mungkin pikirnya (biasanya dia langsung ngacir setelah mengambil biskuit kemudian akan menghampiri saya minta dibukakan. Sehingga saya tahu dia jajan apa dan langsung membayarnya). Harus usaha ekstra membuat Fayyas paham kalau jajan harus pakai uang).

Sedangkan untuk Alta, dari uang Rp 5000. Dia hanya membelanjakan Rp 2500 kembaliannya ditabung karena diingatkan mengenai tujuan mini budgetnya mau beli sandal.

Sebenarnya memperoleh uang secara cuma-cuma  memang tidak bagus untuk anak-anak. Terkesan manja tanpa usaha. Namun karena neneknya ini datangnya pun jarang bisa setahun cuma 2 kali jadi saya pun membiarkan namun tetap dengan memberikan pemahaman bahwa harus ada usaha untuk setiap uang yang mereka terima.

Latihan ini butuh komitmen dan konsisten semua orang. Tanpa kerjasama maka tidak akan ada goal yang tercapai.

Yuliana|5 Februari 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar