Senin, 15 Januari 2018

SENDALKU

#Day12
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Ada yang hampir terlupa saya menceritakan mengenai fayyas. Fayyas yang baru berumur 1,9y memang sudah lancar berjalan. Apalagi untuk jalan diseputaran rumah dan halaman depan.

Dan ada yang hampir luput dari pengamatan saya, yaitu fayyas sudah bisa memasang sepatu/sendalnya sendiri. Dia akan tahu dimana dia terakhir meninggalkan sendalnya. Dan apabila dia ingin jalan maka dia akan mencari sendalnya dan masangnya sendiri tanpa minta bantuan untuk dipasangkan. Dia akan langsung memasang sendiri sendalnya dari yang kanan dan kaki kiri. Memang kadang tertukar. Tapi dia selalu masangnya sendiri dan melepaskannya sendiri pula. Dan saya tidak pernah mau mengoreksi kesalahannya tersebut.
Buat saya dia mampu memasang dan melepaskannya sendiri tanpa bantuan saja adalah presrasi untuk usia dia. Dan dengan membiarkan dia memasang sendiri akan memberikan rasa percaya diri padanya bahwa dia sudah mampu.

Dan fayyas juga tahu kapan harus menggunakan sendal atau harus melepaskannya. Jika dia susah memasuki teras maka otomatis dia akan melepaskannya tanpa diminta.

Anak-anak memang unik, dengan segala keberagaman polah mereka. Tanpa harus dibandingkan  dengan anak-anak lain. Mereka sudah memiliki prestasi dalam keseharian mereka tanpa kita sadari. Kita hanya butuh lebih mengamati dan lebih meluangkan waktu untuk mengenal mereka lebih seksama.

Yuliana|16 Januari 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar