Selasa, 09 Januari 2018

AKU BISA MENYEBUT ANGKA

#Day6
#Tantangan10H
#level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Tetiba alta datang dan menunjukkan sesuatu ke saya.

‘Ami, coba lihat. Aku bisa nih 1, 2 3, 4,5,6,7,8,9,10.’.(sambil mengacungkan seluruh jemarinya ke saya).

‘Alhamdulillah, alta sudah mampu mengabungkan angka dan jumlah jemarinya’. Sambil saya mengusap kepala dan memeluknya.’

‘Belajar sendiri ya ka?” tanya saya.

‘Aku yang ajarin, mi.’ Abang yang sedang makan langsung menyahut.

‘Alhamdulillah, ami senang abang sudah bantu ading belajar berhitung.’
Senyum senang terpancar dari keduanya.

Berhitung atau mengenal angka memang tidak saya paksakan ke  alta harus bisa. Terlebih setelah melewati tantangan level 6 kemaren #matharoundus, sangat membantu sekali agar saya bisa mengenalkan matematika supaya lebih disenangi anak-anak tentu dengan cara yang menyenangkan

Beberapa hari yang lalu dia memang sudah bisa menyebutkan angka 1-6 namun selalu loncat ke angka 8. Angka 7 tidak pernah disebut dalam urutan menghitungnya.
Saya hanya mengingatkan sesekali namun tidak memaksa dia harus  benar.

Dan hari ini dia akhirnya bisa. Buat saya alhamdulillah. Terlebih dia sudah mampu menghubungkan antara jumlah jarinya dengan urutan dalam angkanya. Bukan hanya sekedar hapal apalagi hapal karena berurutan.

Anak adalah bintang. Mereka akan menunjukkan kekuatan yang mereka punya dengan cara yang unik dan waktu yang tepat. Bukan harus digagas dan terburu-buru. Karena yang selalu diburu akan tidak bagus akhirnya.

Anak-anak akan menemukan sendiri fitrah mereka. Dari setiap yang mereka lihat, pegang, rasakan dan lakukan. Tugas kita sebagai orangtua yang peduli dan tidak ingin anak-anak mekar terlalu dini adalah mendampingi dan selalu mendukung  setiap ada sinyal yang akan membawa mereka ke arah fitrah mereka.

Kitalah orangtua yang sebenarnya harus membekali diri karena kita telah dititipi anak-anak hebat ciptaanNYA. Memantaskan diri adalah kunci utama. Agar anak-anak tidak akan layu sebelum berkembang.

Tetap semangat. Tepat istiqomah dalam membersamai dan memfasilitasi anak-anak yang akan menjadi generasi bintang. Jika mereka selalu diberi kesempatan mencapai angkasa.

Yuliana | 10 Januari 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar