Jumat, 12 Januari 2018

MENYAPU LANTAI

#Day9
#Tantangan10H
#level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga



Siang ini anak-anak pada ngumpul di rumah. Bukan karena sedang ada acara atau sejenisnya. Mereka biasanya ngumpul kalo sedang makan siang atau sedang ngemil bareng.

Tetiba saja dek fayyas makan sambil berlarian dan semua makanan yang sedang dimakannya pun berserakan dilantai. Namun tanpa disuruh fayyas langsung mengambil sapu yang ada di depan pintu luar. Berusaha menyapu dengan bertatih-tatih karena sapunya lumayan berat buatnya. Ditambah butiran nasi yang ada dilantai tidak bisa sepenuhnya dia sapu.
Namun usahanya inilah yang membikin saya terharu. Banyak kejadian yang membuat saya, apih dan nenek dirumah seringnya takjub akan kebiasaan yang dia ikutin tentu saja kebiasaan yang baik.

Itu membuktikan anak-anak adalah peniru ulung, apa yang mereka liat itu yang mereka tiru. Maka berhati-hatilah mencontohkan sebuah kebiasaan dan perilaku pada mereka.

Dan kebiasaan baik yang mereka contoh adalah bukti bahwa anak-anak itu adalah bintang. Mereka bisa melakukan apa saja. Jika mereka diberi kesempatan dan diberi peluang.
Mereka akan melejit jika kita sebagai orangtua dan orang dewasa mampu memfasilitasi keunggulan mereka. Jika keunggulan mereka belum tampak. Mereka hanya butuh ruang dan simulasi yang bisa membuat mereka bisa meninggikan gunungnya.

Yuliana| 13 Januari 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar