Rabu, 17 Januari 2018

MENCERMATI METERAN AIR

#Day14
#Tantangan10H
#level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga


Alhamdulillah hari ini saya mulai kembali sehat. Meski tidak sepenuhnya bisa beraktivitas yang berat-berat. Hari ini jadwal saya mencuci karena beberapa hari yang lalu sakit sehingga cucian menumpuk.


Sebelum saya mulai mencuci, fayyas lebih dulu menuju samping rumah tempat biasanya saya mencuci pakaian. Memang maen air tujuannya tapi ada yang lebih menarik buat fayyas selain air. Yaitu mencermati meteran air.
Tiap kali dia menyalakan kran air, dia akan langsung mengamati gerak laju meteran air tersebut.
Semakin deras airnya maka meteran tersebut akan semakin laju. Dan itu yang membuat fayyas berkali-kali mencoba memutar kran dan mematikannya.


Aktivitas ini bisa membuat fayyas betah berlama-lama di tempat cucian.  Dan dia dengan senang hati bolak balik antara kran dan meteran hanya untuk mengamati gerakan meteran.


Rasa penasarannya akan gerakan laju meteran adalah cara dia memenuhi rasa keingintahuannya dan itu adalah salah satu fitrah anak-anak untuk terus belajar. Keunikan mereka dalam memenuhi rasa ingintahunya adalah cara ternyaman yang mereka sukai dalam memenuhi fitrah mereka.


Anak-anak jika diberikan ruang seluas-luasnya maka mereka akan menemukan apa yang mereka minati dan itu bisa memantik prestasi yang setingi-tingginya yang manusia bisa raih.


Berbahagialah jika anak-anak kita bisa mengenali apa minat mereka sedari dini. Berikan ruang dan faslilitasi dengan tidak mengorbankan fitrah mereka sebagai anak-anak yang masih ingin terus bermain karena bermain itu juga belajar.


Yuliana| 18 Januari 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar