Rabu, 12 Juli 2017

Day 1 Melatih Kemandirian

#Day1
#Level2
#BunsayIIP
#Melatihkemandirian
#Tantangan10hari



Pada tantangan game level #2 ini, sehari sebelumnya saya sudah mensounding kepada 2 anak saya untuk melatih kemandirian mereka. Untuk anak yang ke 3 belum saya ikutkan karena saya mau fokus ke mereka dulu.


Untuk anak pertama, kemandirian memang sudah saya kenalkan sejak dia masih berusia 2 tahun. 


Alhamdulillah kemandirian memang salah satu hal terpenting yang kami teladankan ke anak-anak. Kami keluarga homeschooling jadi semua kegiatan kami lakukan bersama-sama dan harus sudah mampu melakukan apa saja sendiri tentu dengan melihat usia dan kesiapan mereka.


Awalnya saya hanya memfokuskan game kali ini ke anak kedua saya. Karena dari list yang saya baca di materi dan di cemilan Rabu. Anak pertama saya memang sudah melewati masa tersebut. Dan dia memang sudah mampu sejak usia 9-10 tahun. 


Namun kebetulan beberapa hari yang lalu kesempatan untuk melatih kemandirian yang lain ada untuknya. Jadilah saya buatkan juga list tersebut untuk dia.



Dalam list kemandirian yang saya buatkan untuk anak-anak saya. Memang sebagian ada yang sudah berjalan. 


Inilah list kemandirian mereka
Untuk abang Daffa usia 12 tahun:
1. Mengurus Laundry sendiri ( mencuci, menjemur, melipat dan menyusun baju-baju tersebut di lemari dengan rapi)
2. Merapikan kamar sendiri
3. Membaca buku (tantangan 50 hari membaca)
4. Menulis diary 10 hari


Dan untuk Altamisela usia 4,4 tahun :
1. Mempersiapkan rutinitas mandi ( menyiapkan baju ganti dan handuk )
2. Sikat gigi sendiri
3. Meletakkan pakaian kotor pada tempatnya


Baru beberapa hari ini abang Daffa izin untuk tidur sendiri di kamar. Memang selama di rumah nenek, abang Daffa masih suka tidur satu kamar dengan kami. Meski beda tempat tidur. Apalagi karena ayahnya tidak selalu ada dirumah (LDM).


Dan akhirnya kesempatan itu datang. Nenek mudanya bersama keluarga barunya kebetulan mau kontrak rumah sendiri. Jadi ada kamar kosong di depan. Sebenarnya Daffa memang sudah terbiasa tidur sendiri tapi sewaktu kami pindah kembali ke rumah neneknya. Dan kamar kosong tidak ada jadi dia masih ngumpul kami tidurnya. Kamar kosong memang ada di rumah yang besar ini beberapa bulan yang lalu. Tapi kamar-kamar tersebut tidak bisa digunakan karena barang yang punya kamar masih lengkap dan sewaktu-waktu bisa balik ke rumah ini lagi.


Dengan menempati kamar tersebut. Abang Daffa secara tidak langsung harus mulai bertanggungjawab atas kamar dan barang-barangnya sendiri. 


2 hari yang lalu dia mulai memindahkan baju-bajunya ke kamar depan. Saya pun memberikan dia kepercayaan akan kerapihan dan kebersihan kamar tersebut padanya. 


Jadilah saya memasukkan di list kemandirian untuk abang Daffa tentang kerapihan kamar.

Mengenai laundry. Abang daffa memang sudah sejak usia 10 tahun sudah bisa mencuci baju sendiri. Waktu kami tinggal di Jakarta dan depok. Dan itu dengan cuci tangan saja. Tapi hanya sampai di bagian mencuci dan menjemur. Sedang bagian mengawasi cucian apabila akan hujan dan kembali menjemur jika cuaca panas kembali masih belum masuk dalam perhatiannya. Dan juga mengenai mengambil jemuran yang kering, melipat dan menyusun di lemari masih harus selalu diingatkan.



Jadi inilah salah satu poin yang akan saya latih di kemandirian anak game level 2 ini.



Kemandirian Daffa : Mengurus laundry sendiri

Rencananya besok Jumat sore , kami diajak nginap bareng seluruh keluarga ke tempat adik saya di Martapura, jadi ada 3 keluarga plus nenek. Rencana tersebut pun didiskusikan bersama. Karena rencana nginap tersebut akan berlangsung 2 hari. 
Nenek juga harus rembuk dengan datu dan adik-adiknya kalo selama 2 hari dia akan tidak jualan dan tidak bisa mengantarkan kue-kue yang dibikin datu dan adiknya dirumah untuk warung-warung langganan kami.


Abang daffa pun berinisiatif untuk mencuci baju-bajunya sebelum hari Jumat. Jadi tidak ada cucian lagi di tempat baju kotor yang tertingal. Sehingga baju-baju tersebut bisa dibawa olehnya (maklum koleksi bajunya sedikit).



Dan Rabu sore kemaren setelah kami pulang dari Perpustakaan Daerah karena memang jadwal kami ke sana setiap rabu. Abang daffa langsung mencuci baju-bajunya dan mengosongkan tempat baju kotornya. 


Cuaca memang lagi tidak bersahabat. Pas dia mau jemur hujan pun turun sehingga dia terpaksa mengamankan jemurannya.
Dan pagi kamis dia sudah menjemur lagi jemurannya kemaren tanpa diingatkan atau diminta. 

Dan siang ini langit mulai mendung dengan cepat gerimis datang. Abang Daffa yang sedang maen diluar rumah yang entah ada dimana tapi memang dia maennya disekitaran rumah/tambak didepan rumah kami saja, datang berlarian segera mengambil jemurannya. Alhamdulillah saya tidak perlu berteriak untuk memanggilnya.


…..


List kemandirian Alta: menyiapkan rutinitas mandi


Anak cewek saya yang satu ini memang suka-suka kalo urusan mandi. Dia mandi kalo lagi ingin saja, meski sudah disuruh atau semua hal yang memancing dia untuk mandi disediakan seperti beli sampo yang dia mau, pasta gigi yang dia suka, tetap aja dia kan mandi sesuka dia. Kadang bisa nga mandi seharian. Tapi mandi sore dia pasti lakukan.
Kadang sehari dia bisa mandi 4-5 kali. Buang-buang air dan berendam adalah kegemarannya.


Dan kalo mandi baju digeletakin dimana aja, paling sering di depan kamar mandi. Dan setelah selesai mandi, dengan basah kuyup langsung masuk ke dalam rumah sehingga membasahi lantai dan lantai menjadi licin baru dia minta handuknya.
Atau biasanya saya yang tau dia lagi di kamar mandi, akan mengambilkan handuknya. Tapi tetap saja dia tidak langsung menyeka tubuhnya yang basah dengan handuk.



Akhirnya saya berpikir, inilah bisa menjadi latihan kemandiriannya. 


Dan pagi ini saya mulai mengajaknya bicara apa yang saya mau. Memangkunya di paha saya. Menuju tempat keranjang bajunya berada. 


Saya katakan, “alta mau mandi kan sekarang…. Karena mau mandi alta harus menyiapkan dulu baju ganti supaya nanti tidak susah lagi mencarinya. Hayoo. ..Alta pilih baju apa yang pengen alta pakai.”


Kebetulan dia memang suka baju panjang, sebenarnya dia paling suka baju bernuasa princes-princes gituh..


Setelah mengambil baju tersebut, terus mengambil celana dalam dan celana pajang sebagai lapisan agar kalo duduk paha bagian dalam nga keliatan orang lain. Alta pun senang karena diizinkan memakai baju kesukaan dia.


Kemudian kami menuju handuknya yang memang digantung bersama handuk lainnya. Sebelumnya dia melepaskan baju di kamar. Saya juga mengarahkan alta agar tiap baju kotornya dilepas harus dimasukkan ke dalam kantong kresek yang memang disediakan untuk menampung baju kotornya


Handuknya pun dibawanya menuju kamar mandi, digantungnya dan mulai mandi. Dan sikat gigiya masih saya sediakan tapi sebelumnya memberitahu dia bahwa dia harus ingat untuk menyikat gigi juga kalo pas mandi.



Alhamdulillah latihan pagi ini berjalan lancar. Alta selesai mandi dengan menggunakan handuk dibadannya. Meskipun rambutnya masih tampak belum diseka.



Yuliana
Banjarmasin, 13 Juli 2017



Tidak ada komentar:

Posting Komentar