Sabtu, 15 Juli 2017

Day 3 Melatih Kemandirian

#Day3
#Level2
#BunsayIIP
#Melatihkemandirian
#Tantangan10hari

Tadi malam sekitar jam 10 malam, Nenek, adik saya beserta keluarganya dan abang Daffa berangkat  untuk menginap selama 2 malam di rumah adik saya yang no. 2 yang tinggal  di Martapura . Jarak perjalanan dengan mobil selama 2 jam.

Jadi untuk melatih kemandirian abang poin pertama yaitu mengurus laundry sendiri serta kerapihan kamar tidak bisa saya pantau dari sini. Namun saya akan tetap bisa memantau kemandirian tersebut dengan menelpon adik saya.

Sedang untuk kegiatan seperti menulis diary. Saya tetap tugaskan dia menuliskan cerita-ceritanya dengan tulis tangan saja dibuku tulis. Ini adalah hasil tulisannya http://bit.ly/2utMo7T

Tadi pagi saya melihat keadaan kamar yang baru ditinggalkannya tetap dalam keadaan rapi, seperti tempat tidur, batal-bantal tetap tersusun rapi dan seprai pun masih rapi. Dan lemari pakaiannya juga masih rapi dengan  baju yang masih ada tersisa dilemarinya.

Dan selama di Martapura poin yang akan dilatih adalah magang di toko untuk belajar jualan.
Adik saya dan suami mempunyai sebuah toko di Pasar Martapura, mereka menjual berbagai jenis underwear. Jadi  abang Daffa akan magang disana selama beberapa hari.

Yang memang dua hari sebelumnya saya meminta izin adik saya agar abang Daffa bisa magang di tokonya, sekaligus belajar secara langsung tentang menjadi pedagang seperti cita-citanya. Karena dia Homeschooling jadi hal tersebut tidak masalah baginya mengingat dia tidak sekolah formal.

Jauh dari orangtua juga bisa menjadi sarana melatih kemandiriannya. Apakah apa yang selama ini dipelajari dan ditauladani dari orang tua berjalan dengan baik. Ini adalah ujian riil bagi dia. Belajar langsung dari kehidupan. Bukan hanya dari buku-buku.

Apakah latihan kemandirian selama ini akan berjalan dengan sewajarnya mengingat tidak ada kami sebagai orangtua yang mengawasi dan mengingatkan dia.

Tapi sebelum berangkat, abang membawa serta baju yang kemaren belum kering karena cuaca memang seharian hujan.

………

Latihan kemandirian Alta : Menyiapkan Rutinitas Mandi

Pagi ini karena kondisi badan saya udah benar-benar mendingan karena obat dan madu yang dibeli suami. Saya pun bisa membersamai latihan kami hari ini.

Sebelum mandi, saya coba menge-test  ingatan Alta akan apa yang akan kami latih.

Saya : “Alta, coba apa yang harus disiapkan sebelum mandi?”
Alta : “ Baju ganti, handuk.” (dengan mantap dia menjawabnya)
Saya :” Wah, anak ami sudah hapal dan tau apa yang mesti disiapkan buat mandi” . (saya pun memeluknya)

Terus Alta pun dengan cepat melepaskan baju kotornya dan memasukkan baju tersebut di kantong plastik yang sudah saya siapkan. Dan memilah baju ganti dibasketnya. Hari ini dia memilih baju kaos berwarna dusty pink dengan celana babydoll biru meski tidak maching tapi itu adalah pilihannya. Dan saya pun menghargai pilihannya. Kemudian dia membawa handuk kuningnya terus langsung menuju kamar mandi yang ada disamping rumah.

Alhamdulillah tantangan hari ini berjalan sukses.

Yuliana
Banjarmasin, 15 Juli 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar