Jumat, 14 Juli 2017

Day 2 Melatih Kemandirian

#Day2
#Level2
#BunsayIIP
#Melatihkemandirian
#Tantangan10hari


Ada skill/kemampuan kemandirian yang memang saya sudah mulai beberapa hari yang lalu yaitu:
Menulis diary selama 10 hari.
Membaca buku (tantangan 50 hari membaca buku)


                 Menulis Diary 10 hari.


Bagian ini memang tidak begitu disukai putra saya ini. Dia lebih suka menggambar atau membuat  di laptopnya. Sebenarya saya mau melatih kemampuan literasinya. Sekaligus kemampuan menulis dengan tulisan tangan.


Sudah 3 tahun ini kami menjalankan homeschooling, dan putra saya ini sangat enggan kalo diminta untuk menulis tangan. Dia lebih suka menarasikan ceritanya dalam bentuk video atau verbal kepada saya. Jadi kemampuan menulis tangannya masih sama seperti 3 tahun yang lalu.


Jadi akhirnya saya ijinkan dia menuliskan cerita-ceritanya selama seharian penuh lewat laptop dan diketik.
Awalnya memang ada tawar menawar soal berapa halaman yang saya
syaratkan dalam belajarnya ini.


Saya memberikan tugas menulis ceritanya sebanyak 4 halaman dengan huruf 16. Kenapa fontnya 16 karena dia memiliki kekurangan dalam penglihatannya (minus, plus dan silender). Jadi huruf yang bisa ditolerirnya adalah 16.


Sebenarnya selain melatih literasi ini saya juga bisa mengetahui apa saja yang dia lalui seharian penuh pada hari itu bersama-sama teman-teman tetangganya. Apa yang mereka lakukan, kerjakan, ceritakan dan disharekan antar mereka.


Memang putra saya ini selalu cerita apa saja yang dia alami diluar rumah kepada saya secara verbal. Tapi dia juga harus bisa menuangkannya ceritanya dalam bentuk tulisan. Jadi kemampuan berbahasanya juga akan terasah sedikit demi sedikit.


Menggunakan bahasa indonesia buatnya memang tidak susah karena berkali-kali pindah rumah dan kota , membuat dia lancar menggunakan bahasa ini, tapi sejak pindah kembali ke kota kelahirannya,dia jadi sangat merasa nyaman dengan bahasa ibu (bahasa Banjar) ini.


Menulis juga bisa membuat dia mampu melatih kemampuan berbahasa, melatih merangkai suatu cerita secara runut, meletakkan tanda baca dan aturan dalam penulisan lainnya seperti dipelajaran bahasa indonesia.

Dan untuk memudahkan dalam menambah kosa katanya, saya juga menyertakan kemampuan membaca buku. Ya…tantangan membaca buku 50 hari


Sejak tanggal 7 Juli tadi kami memulai tantangan kami dalam membaca buku. Baik untuk abang Daffa juga Alta. Dan tentu saja bukan hanya mereka berdua, saya juga ikut dalam tantangan ini.


Karena kami memang sudah terbiasa pergi ke Perpustakaan di kota Banjarmasin. Rabu menjadi hari kami berkunjung tiap minggunya.


Anak-anak sangat senang kalo kami berkunjung dan meminjam buku disana. Anak-anak juga sudah jadi member Perpustakaan sehingga punya hak untuk meminjam 2 buku untuk 1 minggunya.


Bacaan mereka macam-macam. Kalo abang Daffa tentu saja bacaan dia sesuka dia. Dan Alta dari 2 buku. Ada 1 buku yang saya pilihkan biasanya. Satu buku dia yang pilih tapi sebelumnya saya liat dulu kandungan didalam buku tersebut. Kalo tidak sesuai value keluarga kami. Maka saya akan bicara pelan-pelan ke Alta kalo buku tersebut tidak untuk usia dia.


Seperti Rabu kemaren kami meminjam 6 buku karena tiap orang berhak atas 2 buku. Untuk saya waktu peminjaman lebih lama menjadi 2 minggu. Buku tersebut berjudul :

* Hewan merayap
* Petualangan mengenal 30 hewan bercahaya
* Dahsyatnya kisah Rasul Muhammad SAW
* Ceria bersama nabi Muhammad
* Kisah seru sahaba nabi
* Return of Sherlock Holmes



Saya memang lagi mengenalkan kisah nabi Muhammad dan sahabat-sahabat beliau yang luar biasa pada Alta dan juga de Fayyas. De Fayyas yang baru 1,2 tahun meski tidak mengerti apa yang saya bacakan setiap malam. Tapi alam bawah sadarnya pasti merekam apa saja yang saya bacakan/ceritakan padanya.
Semoga.




Dari hari ke hari tulisannya sudah sesuai alurnya. Memang ada beberapa hal yang perlu diperbaiki seperti penempatan tanda baca dan penulisan huruf kapital. Tapi tulisannya sudah mulai banyak dari 2 halaman ke 3 halaman.

……

Kemandirian alta : Mempersiapkan rutinitas mandi


Sejak kemaren malam sampai siang hari ini, saya tidak enak badan (meriang) karena kemaren malam pulang dalam keadaan kehujanan. Sehabis menjemput suami dengan naik motor di tempat penjemputan yang biasa BUS menurunkan penumpangnya.


Sehingga paginya saya sakit dan tidak bisa melakukan apapun. Tugas rumah dan pengurusan anak-anak dilakukan oleh pak suami yang memang datang tadi malam. Dan dibantu oleh mama saya.


Karena kondisi saya yang memang sejak malamnya sudah tidak stabil. Sehingga saya belum memberitahukan tentang list kemandirian yang saya buat untuk Alta ke suami.




Dan memang karena seharian hujan, jadilah Alta tampak ogah-ogahan mandi di pagi harinya. Alta baru mau mandi setelah siangnya saya mandi karena agak mendingan dan badan saya tidak deman lagi barulah Alta mau mandi. Tapi dengan kondisi masih lemah saya tidak mampu mengingatkan Alta untuk menyiapkan rutinitas mandinya. Jadilah hari ini saya merasa belum maksimal melatih kemandirian anak terutama untuk Alta.
(false Celebration)





Yuliana
Banjarmasin, 14 Juli 2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar