Kamis, 20 Juli 2017

Day 9 Melatih Kemandirian

#Day9
#Level2
#BunsayIIP
#Melatihkemandirian
#Tantangan10hari



                 Membaca buku

Kegiatan ini adalah salah satu poin dalam latihan kemandirian abang Daffa. Karena dia tidak ada Rabu kemaren yang merupakan jadwal rutin kami pergi ke perpustakaan daerah dan meminjam buku.


Saya pun meminjamkan 2 buku atas nama abang daffa, satu buku berupa bacaan fiksi dan yang satu buku muatan lokal bahasa banjar. Yang memang tidak begitu sering dibahasakan oleh anak-anak sekarang,  apalagi abang Daffa yang sudah terbiasa berbahasa nasional. Sehingga bahasa tempat kelahirannya ini jarang dia praktekkan apalagi dipelajari. Buku ini berjudul CUCUPATIAN URANG BANJAR (teka-teki orang banjar).


Abang daffa begitu senang membacanya. Kadang tertawa sendiri, kadang dia balik bertanya kepada saya apa artinya. Saya sangat senang melihat ketertarikkannya mengulang-ngulang bacaannya  . Dia memang paling senang bacaan tentang humor, quiz, tebak-tebakkan dan teka-teki.

……

                     

                      Mandi sore


Biasanya alta mandi berbarengan dengan suara rekaman mengaji/murajaah di mesjid dekat tempat tinggal kami. Tapi hari ini Alta ikut saya dan abang  mengunjungi sebuah PKBM yang awalnya saya seaching di internet dulu.

Rencana tahun depan untuk abang Daffa yaitu mengikuti ujian paket A. Namun sebelum kami berangkat, kami membuat kesepakatan. Apabila nanti sesampainya di rumah kembali , Alta harus langsung mandi dan mempersiapkan sendiri semua rutinitas mandinya seperti biasa.

Perjanjian inipun disetujui Alta dan juga abang tentunya. Jadi latihan kemandirian untuk alta dan abang daffa tanpa kendala berarti hari ini.


Yuliana
Banjarmasin, 21 Juli 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar