Kamis, 27 Juli 2017

Day 16 Melatih Kemandirian

#Day16
#Level2
#BunsayIIP
#Melatihkemandirian
#Tantangan10hari

        

         MENYUSUN MATERI BELAJAR
                    ( BIKIN MODUL )

Kali ini saya yang akan melatih kemandirian saya pribadi. Saya menantang diri saya untuk menyelesaikan resume modul komputer yang akan saya ajarkan ke abang Daffa dalam 2 hari. Karena abang Daffa sudah mendiskusikan dan memutuskan ada  3 poin ilmu yang ingin dikuasainya secara serius.

1. Komputer
2. Bahasa Inggris
3. Membuat games

Sebenarnya komputer dan membuat games memang kerap kali dia kerjakan. Dia sudah menguasai komputer sebelum dia masuk TK. Saya memang selalu mengajarkan komputer secara pribadi kepadanya. Sampai akhirnya dia tertarik dengan dunia perkomputeran.

Secara otodidak dia juga sudah menguasai windows seperti word dan power point, menggambar melalui paint, dan juga suka banget dengan design grafis. Bahkan dia sudah belajar secara otodidak cara membuat games sederhana melalui power point.

Namun buat saya, Daffa juga harus memiliki pengetahuan secara terperinci tentang windows secara menyeluruh sebelum dia mencari tutor diluar sana.

Dan mengenai bahasa Inggris. Sebenarnya bahasa ini sangat dia tidak sukai. Namun dia mau memperlajarinya karena di dunia per-game-an semua games menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantarnya.

Berawal dari dia suka mengunduh video tutorial games di youtube. Dari video–video tersebut hampir semua games yang dia suka tidak ada translate bahasa indonesianya. Sehingga buatnya sulit untuk meraba-raba perintah yang diberikan.

Abang daffa memang tidak maen games dilaptop atau dihandphone karena dia memang tidak punya dan saya pribadi belum mau memberikannya gadget tersebut. Namun dia sering melihat sepupunya maen ipad dan dia sebagai advisor gamesnya.

Memang dia berangan-angan pengen punya kelas belajar games atau paling tidak dia bisa bikin video cara maen games seperti yang ditontonnya. Atau bisa bikin games sendiri secara profesional.

Tapi saya mensyaratkan 2 hal ke dia mengenai games, apabila dia masih mau dengan dunai per-game-an;

1. Gamesnya harus sesuai syariat
2. Gamenya harus mendidik

Saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar, dia bisa sendiri mencari jawaban bagaimana 2 hal itu bisa diaplikasikan pada kegemarannya tersebut karena usia kini sudah 12 tahun.

Jadi tugas saya sebagai fasilitator anak homeschooling, dari pagi tadi setelah urusan dapur beres, sambil mengayun fayyas saya mulai buka laptop dan meresume dari beberapa modul dan buku.

Memang tidak bisa selalu on laptop, saya juga harus membagi waktu dengan menyusui fayyas, menyiapkan makannya, mengganti popok beberapa kali karena pup (maaf) , kadang alta datang dengan berbagai cerita dan juga tangisan setelah maen di luar rumah atau maen dengan abangnya dan sepupu-sepupunya.

Abang Daffa juga punya andil hari ini, dia sangat membantu saya agar bisa menyelesaikan resume-an modul ini. Dia juga yang menemani Fayyas maen, ngajak maen keluar rumah, ke kamarnya, dan menyuapi juga

Ditemani segelas capucino tadi siang dan efeknya masih sampai malam ini. Saya pun melanjutkan me-resume modul setelah makan malam, memastikan anak-anak sikat gigi, menemani  anak-anak tidur , setelah itu keluar rumah untuk buang sampah ke TPS.

Akhirnya sebelum jam 23.00 saya sudah menyelesaikan resume modul plus sudah diedit pula.


Yuliana
Banjarmasin, 28 Juli 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar