Kamis, 27 Juli 2017

Day 13 Melatih Kemandirian

#Day13
#Level2
#BunsayIIP
#Melatihkemandirian
#Tantangan10hari



“Maafkan aku karena aku tidak mandi, ami …”



Yah….. kesibukan saya dan abang Daffa yang harus bolak balik mendaftar TPA dan PKBM yang akhirnya mendaftar ke PKBM nya pun dipending sampai waktu yang tidak bisa kami pastikan.
Membuat saya tidak fokus dalam melatih Alta lagi. Hampir semingguan ini fokus saya sepenuhnya ke urusan abang Daffa. Sehingga Alta tidak begitu terperhatikan.
Alta dari pagi sudah langsung maen dengan sepupunya di rumah sepupunya. Dia kadang ikut saya tapi hari ini dia nga saya ajak dan dia mau.
Memang beberapa kali saya ingatkan dia untuk mandi tapi karena saya kurang tegas dalam meminta dia melakukan apa yang saya pinta sehingga diapun menolak dengan berbagai cara. Dan karena saya memang sedang terburu-buru serta perhatian saya terfokus ke urusan abangnya jadilah agenda mandi Alta tidak terpenuhi hari ini (falce celebration).

Sampai saya pulang di sore hari dia masih belum mandi. Memang bajunya sudah diganti tapi dia belum mandi.  Baru setelah maghrib dia mau mandi.

Sewaktu dia sudah rebahan ditempat tidurnya. Alta mendekati saya yang baru selesai menyusui dek fayyas. Dan tiba-tiba saja dia berkata,
Alta : “ami, maafkan aku karena hari ini aku tidak mandi. Maafkan aku ami!”

Saya terenyuh saat dia mengatakan itu dengan tulus dan bersungguh-sungguh. Saya pun peluk dia, cium dia dan meminta maaf kalo hari ini saya tidak memperhatikannya karena disibukkan oleh pendaftaran abangnya.
Alta pu membalas ciuman saya serta memeluk saya dan mengucapkan bahwa dia sangat sayang saya.

Diberi amanah dengan 3 anak adalah hal yang luar biasa buat saya. Apalagi saat dalam pengasuhannya saya lebih banyak sendiri dibanding dibantu suami. Jarak dan waktu membuat kami tidak bisa selalu berbagi dalam pengasuhan anak-anak.

Sebenarnya anak-anak dari dulu sebelum kami kembali pindah ke Banjarmasin. Mereka sudah terbiasa melakukan apa saja sendiri.  Saya selalu mempercayai anak-anak dalam melakukan aktivitas dan dalam mengambil keputusan sekecil apapun.

Apa karena lingkungan dan kebiasaan di keluraga besar di rumah ini membuat mereka secara perlahan-lahan terpengaruh. Semoga saya masih selalu bisa membuat mereka ke arah yang terbaik.



Yuliana
Banjarmasin, 25 Juli 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar