Kamis, 27 Juli 2017

Day 14 Melatih Kemandirian

#Day14
#Level2
#BunsayIIP
#Melatihkemandirian
#Tantangan10hari

                    Menulis diary

Tantangan melatih kemandirian untuk abang daffa salah satunya adalah menulis diary. Dan kegiatan ini hanya dia kerjakan selama 4 hari saja dari 10 hari yang ditugasi.

Menulis memang adalah bagian yang tidak disukai oleh Daffa. Sehingga berbagai macam cara saya coba untuk melatih kebiasaan ini. Meski sudah disediakan dan dibolehkan untuk menuliskan cerita-ceritanya di laptop saya. Tetap aja di selalu tidak punya waktu untuk melakukannya.

Dia memang lebih suka menceritakan apa saja dalam bentuk narasi. Apa saja dia ceritakan. Tapi apabila cerita yang dia utarakan ke saya itu saya minta untuk menuliskannya, dia akan langsung berubah 180 derajat. Langsung pasang muka kecut dan diam. Atau juga pergi menjauh.
Apalagi kalo diminta untuk menulisnya di sebuah buku atau catatan. Akan tambah parah lagi reaksi yang dia berikan.

Sejak kami memutuskan homeschooling 3 tahun yang lalu kemampuan menulis tangannya sangat jarang dilatih. Sehingga tulisan tangannya masih saja sama seperti 3 tahun yang lalu.
Selain melatih dia menulis, saya juga ingin melatih literasinya. Dengan sering-sering menuliskan kejadian yang dia lewati besama teman-temannya pada hari itu dalam bentuk tulisan. Dan tentu saja memfasilitasi membacanya dengan meminjam buku ke perpustakaan. Karena untuk membeli buku. Sementara ini kami belum mampu.

Dan tantangan ini menurut saya falce celebration untuk tantangan melatih kemandirian.

Yuliana
Banjarmasin, 26 Juli 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar