Selasa, 01 Agustus 2017

Aliran Rasa Melatih Kemandirian

#Aliranrasa
#Level2
#BunsayIIP
#Melatihkemandirian
#Tantangan10hari

Aliran Rasa Melatih Kemandirian Anak


Mengurus 3 orang anak dengan kondisi LDM, kadang saya dihadapkan dengan banyak tantangan yang membuat saya harus selalu dalam kondisi waras. 3 bocah yang semuanya tidak bersekolah, membuat saya harus selalu membersamai mereka baik dalam hal belajar ataupun memonitor perkembangan fisik, psikomotorik, kognitif, ibadah,  dan emosi mereka.



Suami yang datangnya tak tentu membuat jadwal kami kadang bisa menjadi sangat fleksibel. Tapi kami berusaha sebagai orangtua berdiskusi untuk perkembangan mereka semua. Saling mendukung satu sama lainnya. Memang tidak mudah awalnya. Tapi dengan terus memberikan contoh dan melibatkan suami dalam keseharian kami. Akhirnya beliau mau berkontribusi  dan mulai mau terlibat.



Hampir semua aspek dalam keseharian kami adalah proses belajar bagi kami berlima. Kadang anak-anak rewel, bertengkar, beda pendapat, saling ledek, dan kadang tidak mematuhi aturan yang kami sepakati.  Tapi mereka juga sering bercanda bersama, saling menolong, saling menjaga, saling peluk dan saling menyayangi, memberikan prestasi yang baik dalam hal ibadah, dalam adab dan tentunya mereka sangat sayang kami sebagai orangtuanya.



Saya bersyukur mereka ada dalam kehidupan saya.



Seperti latihan-latihan kemandirian yang telah saya latihkan ditantangan 10 hari ini. Sangat membantu saya untuk tetap dijalur yang benar. Tetap terjaga dimana batas maksimal yang saya ingin capai. Karena kadang saya ingin semuanya serba cepat, serba terburu-buru dan terlalu banyak jadwal untuk anak-anak.

Tapi disini dilatihan ini saya dibimbing untuk bisa tetap berlatih sesuai kemampuan saya dan kemampuan anak-anak. Tanpa mencederai kewarasan saya, tanpa mencederai fitrah belajar dan fitrah perkembangan mereka.



Mereka belajar, sayapun belajar.



Yuliana
Banjarmasin, 01 Aguatus 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar