Kamis, 10 Agustus 2017

MOTOR CLING

#Day2
#Level#3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP




                    MOTOR CLING


Team :
Ketua : Ami Yuliana
Pelaksana : Daffa, alta dan fayyas



Alhamdulillah, langit pagi ini tampak cerah. Memang subuh tadi gerimis membasahi bumi borneo tapi cuma sebentar.


Hari kedua  ini rencana projek keluarga kami adalah membersihkan motor. Karena dua hari kemaren hujan mengguyur kota Banjarmasin. Sehingga motor sangat kotor sekali. Padahal motor adalah transport satu-satunya yang kami gunakan untuk segala kegiatan belajar kami.



Memang motor ini bukanlah milik kami. Motor ini adalah pinjaman dari mantan bosnya Apih dulu. Sebagai yang diberi amanah kami tentu akan terus merawat barang ini dengan sebaik-baiknya. Maklumlah 3 motor terdahulu sudah dijual semua. Tapi sudahlah jangan diingat lagi cerita sedih itu.



Anak-anak memang sudah tau rencana projek ini sore kemaren. Sebenarnya bisa saja motor ini saya bawa ke pencucian motor yang tidak jauh dari rumah. Tapi saya tidak punya banyak waktu untuk menunggu motor itu sampai kelar.



Jadilah anak-anak diajak mencuci motor bareng sekaligus belajar. Memang sudah beberapa kali anak-anak saya libatkan dalam kegiatan cuci motor ini. Karena kami memang selalu mengerjakan apa saja bersama.



Kali ini yang mengkomando adalah saya, awalnya saya minta abang yang memimpin projek tapi dia nga mau. Dia hanya mau melaksanakannya saja.



Mencuci motornya hanya didepan rumah datu (nene buyut). Di depan rumah ada sungai kecil (empang)yang panjangnya kira-kira 100 meter. Airnya memang tidak mengalir lagi tapi saat hujan empang ini akan penuh.


Saya mulai mengeluarkan motor dan membawanya ke pinggir empang, alta mulai mengambil gayung dan kain pel kecil, sedang abang daffa sudah menunggu di pinggir empang. Dan  awalnya de fayyas hanya didudukkan di teras sebagai pengawas kegiatan... hehe.



Anak-anak selalu senang kalo main air. Mereka  mulai menyiram, menyikat ban, mengelap motor sampai bersih. Bahu membahu dan membagi tugas. Yang bagian ban depan bagian alta yang membersihkannya, sedang bagian ban belakang adalah tugas abang.
Setelah bersih dan terlihat agak kering, abang daffa juga bertugas membeli semir ban yang ternyata tidak dijual diwarung nene ading (adik nene). Jadilah abang daffa pergi ke warung yang lumayan jauh dari rumah dengan meminjam sepeda sepupunya dulu.

Setelah sampai, langsung lah abang dan alta kembali memberi semir di ban motor sampai cling. De fayyas tak lupa juga ikut nimbrung pengen ambil bagian.
Dari projek ini anak-anak jadi saling bekerjasama menyelesaikan tantangan ini. Mereka senang karena diizinkan maen air, motorpun bersih cling..dan tentu saja saya yang paling senang melihat mereka senang.




Yuliana
Banjarmasin, 11 Agustus 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar