Sabtu, 19 Agustus 2017

YUK.. CERITA DENGAN JARI-MU

#Day11
#Level#3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP

Project Team
Ketua : Ami Yuliana
Pelaksana : alta
Penggembira : de Fayyas

Sejak Alta lahir saya sudah memutuskan homeschooling untuk pilihan pendidikannya. Tentu saja teman-teman seusianya sudah dimasukkan ke sekolah termasuk anak-anak tetangga yang usianya sama dengannya juga sudah sekolah TK. Alta usianya 4,5 tahun.

Untuk itu saya sudah mempersiapkan materi pembelajaran yang memang tidak terjadwal secara sistematis untuk alta. Belajar materi hanya saat dia happy saja. Materi yang saya siapkan lebih banyak berupa stimulasi psikomotorik daripada kognitif. Kami lebih banyak jalan-jalan mengenal dunia nyata daripada belajar lewat media buku, video edukasi, worksheet,printable  dan lain-lain.

Saya tidak memaksakan sebuah pembelajaran buat anak-anak saya. Semua belajar sesuai fitrah mereka. Yang selalu ingin tau banyak hal.

Namun kadang alta selalu meminta diajarin belajar huruf atau angka seperti teman-teman atau sepupunya. Alta termasuk cepat dalam penerimaan pelajaran meski hanya dengan mengamati saja.

Dan pagi inipun, ruang tengah rumah menjadi ruang belajar kami. Materi worksheet dan printable sudah disiapkan.

Hari ini kami mau mengerjakan project dengan judul YUK..CERITA DENGAN JARI-MU. Mula-mula saya mengguntingkan printable gambar boneka jari yaitu berupa gambar hewan. Terus alta akan memilih hewan yang mau diceritakan oleh saya.

Dimulai dengan sapi. Saya menceritakan kisah sapi berhubung sebentar lagi lebaran Idul Adha atau lebih dikenal dengan hari raya qurban.

Banyak pertanyaan dari alta tentang cerita sapi ini. Katanya dia pengen liat sapinya saat disembelih nanti.. ( dia nga tau emaknya ini takut liat hewan disembelih).

Kemudian berlanjut cerita bebek dan kuda. Sambil saya bercerita, tangan alta tak henti-hentinya membuat garis dibuku tulisnya.
Lanjut setelah cerita kami mulai membuat flashCard sambungan kemaren yaitu angka 6,7,8,9,10. Terus belajar logika yaitu membedakan benda tinggi dan rendah. Kali ini membedakan tinggi kursi tentu saja dengan diwarnai karena alta suka mewarnai.

Belajar seperti ini memang tidak butuh waktu lama. Karena rentan konsentrasi anak-anak sangatlah singkat. Jadi saya hanya memfokuskan kira-kira 10 menit saja untuk setiap kali kami belajar.


Yuliana
Banjarmasin, 20 Agustus 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar