Sabtu, 07 Juli 2018

Day 3 Aplikasi Google Classroom

#Day3
#Tantangan10Hari
#level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Hari ke 3 ini saya mau mereview mengenai kelas online yang baru saya ikuti.  Yaitu aplikasi GOOGLE CLASSROOM.

Kelas online ini buat saya benar-benar baru. Mendengar katanya saja sewaktu diberitahu jika media belajarnya melalui google classroom. Saya agak sedikit bingung. Kenapa bingung karena hape saya (lagi-lagi hape) sudah tidak mampu mengunduh apapun.

Jadi demi belajar inipun saya harus mengikhlaskan beberapa aplikasi lainnya agar ada ruang kosong untuk mengunduh aplikasi tersebut.

Mengunduh aplikasi google classroom hanya butuh 11MB. Aplikasi kelas online ini gratis. Syaratnya hanya punya akun gmail.

Selain bisa masuk lewat aplikasi. Bisa juga melalui websitenya www.classroom.google.com. Jadi tidak perlu mengunduhnya.

Kelas online ini biasanya digunakan oleh sekolah, lembaga non profit dan semua orang yang punya akun gmail.

Sewaktu saya masuk dengan menuliskan akun gmail saya. Ada pilihan apakah saya sebagai student atau teacher. Karena saya posisinya murid, jadi saya pilih student.

Setelah itu, tampil halaman yang cukup sederhana. Namun saya tidak bisa masuk ke halaman selanjutnya karena saya belum punya kode kelas. Jadi nanti ada menu yang meminta kita untuk memasukkan kode kelas yang tentu saja sudah diberikan oleh tutor/guru/pengajar atau yang berwenang akan kelas tersebut.

Aplikasi ini sangat bagus buat para pengajar, karena bisa membuat kelas, bisa langsung memberikan tugas, memberi nilai dan mengelolanya dengan mudah. Dan untuk pembelajar seperti saya tentu saja bisa mengumpulkan tugas dengan mudah dan cepat tanpa menggunakan kertas dan bisa juga untuk melihat tugas-tugas saya lainnya hanya dalam satu halaman.

Pengumpulan tugas juga bisa menggunakan dokumen, foto dan video. Yang langsung terhubung dengan google drive.

Karena sudah memiliki kode kelas yang diberikan fasilitator kemaren jadi saya pun bisa masuk ke dalam kelas dan absen. Kita pun jadi tahu siapa teman-teman kita yang sudah hadir dikelas.

Demikian review saya. Semoga bermanfaat.

Yuliana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar