Selasa, 08 Mei 2018

Aliran Rasa Level#10 Yuliana

Aliran rasa Level#10

Grab Your Imagination

Alhamdulillah dan rasa syukur saya ditantangan level10 ini tidak ada halangan berarti. Anak-anak begitu enjoy tiap kali saya membacakan atau menceritakan sebuah dongeng/kisah kepada mereka.


Dari yang cuek, sampai akhirnya selalu minta saya untuk menuntaskan cerita di tengah-tengah adik-adiknya yang kadang rebutan memilih cerita.


Mendongeng adalah sebuah keahlian imjinasi. Rasanya sudah lama saya melupakan arti berimajinasi tersebut. Saya suka cerita fiksi. Saya pun suka membuat cerita fiksi di waktu remaja dulu. Seiring waktu kebisaan yang membuat saya enjoy tersebut tergerus dengan segala aktivitas lainnya.


Saya begitu jatuh cinta saat guru SD saya diakhir sesi mengajar pada jam mau pulang sekolah. Selalu menyempatkan mendongeng. Dan kami selalu terpesona dengan semua cerita-ceritanya. Dan selalu menanti beliau, hari itu mau cerita apa lagi. Rasanya tak ingin pulang sekolah jika ceritanya bersambung.


Dan ingin rasanya anak-anak saya pun selalu menanti saya setiap saat menceritakan kisah-kisah mengasyikkan buat mereka.


Kali ini saya tidak banyak mengarang sendiri dongengnya. Selebihnya saya hanya membacakan ulang apa yang sudah tersedia di tema buku.


Memang ditambah dengan menyelaraskan aktivitas buat Alta dan Fayyas. Sehingga saya harus menyediakan aktivitas yang bisa membuat mereka betah mendengarkan saya mendongeng di waktu siang hari.

Anak-anak sejatinya selalu senang dengan dongeng. Selalu suka berimajinasi. Mereka kaya akan imajinasi. Kita bisa ajak mereka berpetualang bersama menjelajah cerita dan karaktek tiap tokoh dalam cerita kita. Suara-suara juga sangat berpengaruh dalam memancing rasa penasaran dan rasa ingin tahu mereka. Mengenalkan berbagai suara dan memperkaya daya dengar mereka dengan suara tokoh binatang dan bunyi-bunyian disekitar sangatlah baik buat stimulus mereka.


Meski tantangan ini sudah berakhir. Namun tugas mendongeng tetap akan berlanjut. Tiap-tiap malam akan selalu dihiasi dengan cerita-cerita seru yang memperkaya hazanah kosa kata, hazanah imajinasi dan hazanah tema cerita buat mereka.

Selain bercerita, kita juga bisa menanamkan akhlak, karakter yang baik, perilaku yang seharusnya dalam kehidupan dan tentu saja mempererat bonding.


Yuliana,  8 Mei 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar