Rabu, 30 Mei 2018

Tantangan Mempersiapkan Fitrah Seksualitas Anak Laki-laki Part 2

#day14
#fitrahseksualitas
#learningbyteaching
#bundasayangsesi11


Tantangan hari ke 14 ini adalah sambungan dari setor tugas day 13 kemaren.

Tantangan mempersiapkan fitrah seksualiatas pada anak laki-laki usia 2 tahun.

Fayyas tepat bulan 02 Mei kemaren berusia 2 tahun. Dimana dia sudah disapih tepat diusianya 2 tahun. Bukan suatu yag instan. Namun memang sudah dipersiapkan 1 tahun sebelumnya. Dan penyapihan ini tidak mengalami kendala berarti. Dalam 1 minggu saja Fayyas sudah bisa tidur malam tanpa rewel minta disusui.


Selama 2 tahun ini fayyas begitu dekat dengan saya namun tidak membuat dia tidak mandiri. Secara perkembangan motorik kasar dan kemandirian dia sudah bsia melakukan sendiri tanpa dibantu; seperti makan sendiri baik dengan sendok ataupun by hand. Minum dan menuangnya sendiri. Membawa piring kotornya sendiri kemudian mencucinya (meski belum bersih cling). Dan lain-lain.


Menurut fase fitrah seksualitas di usia 2 – 6 tahun harus dekat dengan kedua orang tuanya. Jadi kami berbagi tugas untuk mengenalkan perannya sebagai laki-laki.

Dan alhamdulillah meski ayahnya jarang ada dirumah namun sosoknya begitu dekat dengan Fayyas. Setiap dia dengar telepon atau pun videocall. Fayyas akan cepat merebut dan paling eksis bicara dengan bahasa ringkas khas anak usia 2 tahun.

Saya memang berusaha agar Fayyas akrab dengan ayahnya begitu pula suami mulai belajar dekat dengan Fayyas.
Tidak seperti dulu sewaktu putra pertama kami kecil. Beliau masih kaku dan jarang mau berinteraksi apalagi dekat dengan anaknya. Itu dikarenakan beliau sendiri dimasa kecilnya kehilangan sosok kedua orangtua karena sejak kecil dipisahkan oleh keadaan. Sehingga beliau pun tidak memiliki kesan mendalam bersama kedua orangtuanya.

Namun alhamdulillah beliau mau belajar dan membuka diri sekarang.
Karena di rumah tidak ada sosok laki-laki lain jadi ayahnya adalah sosok yang harus selalu dijadikan panutan dan teladan buat Fayyas agar jiwa kelelakiannya terpenuhi.


Di usia 2 tahun ini Ayahnya yang mengenalkan apa itu kemaluan, bagaimana membersihkannya, bagaimana cara buang air besar yang benar ( ini saat beliau membersihkan pupnya), bagaimana cara menyayangi abang dan kakanya begitu juga saya Amihnya dari sudut pandang laki-laki.

Kelekatan pada kedua orangtuanya  inilah yang penting dimasa 2 -6 tahun. Saya dan suami harus mengambil peran dan mengisi fase ini dengan berbagai hal yang bisa mengidentitaskan dia akan gender sejatinya.


Yuliana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar