Jumat, 23 Maret 2018

TULISAN ALTA

#Day3
#tantangan10hari
#level9
#kuliahbunsayiip
#thinkcreatIve


Beberapa minggu ini alta mulai tertarik belajar menulis. Saya memang tidak memaksa ataupun mengajarinya secara inten. Saya ingin dia tertarik dulu dengan huruf dan angka tanpa harus saya kasih tahu. 

Alta memang sudah menjalankan homeschooling sejak lahir. Berbeda dengan dengan abang Daffa yang pernah sekolah kemudian homeschooling disemeser ganjil kelas 4 SD. Alhamdulillah kami menjalani homeschooling atau kami lebih senang menyebut unschooling sejak 2014 sampai sekarang. 

Kegiatan anak-anak tidak saya jadwalkan tapi saya membebaskan mereka mengeksplore kreatifitas mereka dimana saja. Saya ingin menumbuhkan bukan menanamkan pengetahuan ke mereka. Biarlah mereka belajar memaknai atau belajar dari mana saja tentang apa yang ingin mereka pelajari dan temukan.

Tugas saya adalah lebih ke tempat mereka berdiskusi tentang apa yang mereka temukan diluar rumah atau diluar dari kami orangtuanya. 

Kembali ke ketertarikan alta pada menulis. Alta sudah bisa memegang pensil dengan benar sejak usia 2,5 tahun. Dan kemajuan menulisnya sangat bagus.
Sekarang dia menulis sudah mulai rapi meski saya tidak menuntut rapi didalam garis. 
Dia juga belajar huruf yang ingin dia pelajari saja. Melihat poster yang menempel di dinding kemudian satu persatu secara acak diperhatikan dan ditulisnya.
Jika ada kesalahan tulis baru saya memberi sediki tpertanyaan, seperti, “Coba liat lagi bentuk hurufnya?”. Sambil menunjuk ke poster yang ada didinding. Tanpa menyalahkan atau mencoba memegang jemarinya sembari memberi contoh cara menuliskannya .

Alta lebih banyak berkegiatan di luar rumah. Seperti bermain pasir, main tanah, main apa saja yang tiap hari ada saja hasil kreasi yang diperlihatkan ke saya. 


Yuliana, 24 maret 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar