Minggu, 25 Maret 2018

COPAS GAMBAR

#day5
#tantangan10hari
#level9
#kuliahbunsayiip
#thinkcreative




Setiap orangtua pasti senang jika melihat anaknya belajar dengan duduk manis dan diam ditempat. Namun buat saya, jika melihat anak diam dan duduk manis pasti ada sesuatu yang dia kerjakan.


Seperti hari ini, sementara aminya sibuk ketak ketik dan menjawab beberapa chat jualan. Alta duduk dan konsen dengan buku serta pulpennya di samping saya. Beberapa saat kemudian dia pun memperlihatkan ke saya apa yang dia kerjakan.


Rupanya dia sedang menggambar. Karena saya lagi nga konsen sama apa yang dia kerjakan. Jadinya melihatnya sepintas saja. Dia menggambar bagus banget. Saya pikir. Apa saya terlewat ya? Kok alta sudah bisa menggambar persis seperti sepupunya yang memang suka menggambar komik girly gitu.
Akhirnya saya abaikan keheranan saya beberapa saat. Saya pun tetap memuji hasil gambarnya. Kemudian saya coba mengujinya dengan bikin yang lainnya yang tidak sama persis dengan gambar sepupunya.  Dan kali ini baru saya ‘ngeh’ ternyata dia menjiblak gambar sepupunya di buku tulis sepupunya tersebut.


Jadi dia mengikuti tiap lekuk garis dari gambar yang ada dibalik halaman sebelumnya. Persis dan rapi juga hasilnya. Makanya diawal saya kok heran kok bisa serapi dan sepersis itu.
Saya pun menanyakan, kenapa dia membuat jiblakan (alta belum tahu istilah kata ini) gambar sepupunya?. Alta bilang dia pengen bisa menggambar kayak sepupunya. 


Tanpa menyalahkan saya tetap memuji hasil jiblakannya yang rapi meniru gambar aslinya. Saya bilang ke alta, bahwa alta pun bisa menggambar seperti sepupunya. Banyak berlatih maka hasilnya pasti bagus malah lebih bagus dari sepupunya.



Menyemangatinya lebih penting buat saya agar jiwa kreatifnya tidak terluka daripada saya fokus dengan kekeliruan masalah menjiblak tadi. Tapi memang kok dia bisa punya pikiran menggambar dari balik kertasnya. (inilah yang saya sebut kreatif terlepas dari soal menjiblak).
Anak-anak selalu punya cara yang brilian untuk bisa menghasilkan karya. Sekecil apapun karya tersebut. itulah arti belajar dan itulah arti menumbuhkan daya kreasinya.



Yuliana, 26 Maret 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar