Senin, 11 Desember 2017

ALIRAN RASA LEVEL#6 YULIANA

Aliran rasa level 6

Dalam 17 hari tantangan di level 6 kali ini yaitu menyukai matematika/logis dan memantik kecerdasan matematika/logis.
Banyak hal yang harus direvisi dalam pengetahuan dan pengalaman kita sebagai orangtua, guru dan pendidik anak-anak.

Sejatinya kecerdasan matematika/logis sudah terinstal oleh Sang Rabb didalam otak mereka yang tampak masih kecil namun kaya isinya.
Anak-anak memang sudah memiliki kecerdasan ini sejak mereka dikandungan.

Hanya saja kita sebagai orangtua, guru dan pendidik terlalu meremehkan kemampuan mereka.
Meremehkan ciptaan Allah sebagai GREAT CREATOR.

Kita malah terlalu sibuk memasukkan apa saja kedalam isi kepala mereka yang seringnya tidak sesuai dengan usia dan fitrahnya sebagai manusia.
Kita terlalu sibuk menginginkan mereka serba cepat tanpa peduli apa yang mereka butuhkan.

Stimulasi pada anak-anak jangan sampai salah kaprah, salah metode. Ini gunanya agar anak-anak tidak merasa terbebani dan terpaksa untuk mempelajari sesuatu.

Tugas kitalah sebagai orangtua, guru dan pendidik menciptakan suasana belajar yang kreatif dan penuh inovasi. Berusahalah  mengalir tanpa harus tergesa-gesa mengagas mereka dengan berbagai metode.

Anak-anak dilahirkan sudah memiliki kecerdasan. Hanya saja kita sebagai orang dewasa sekaligus orangtua tidak menyadari atau malah mengabaikan dikarenakan kita terlalu fokus pada kognitifnya. Lihat saja semua pelajaran atau pengetahuan yang ada,  kebanyakan bermain diranah kognitif dan hapalan.

Banyak sekali cara menstimulan kecerdasan matematis/logis. Contohnya dengan ragam kegiatan sehari-hari yang ada disekitar kita. Dan malah tidak perlu sampai harus keluar rumah untuk memperolehnya. Kita hanya harus lebih peka menemukan apa saja yang bisa mengenalkan mereka dengan kecerdasan ini lebih intensif dan variatif.

Masalahnya adalah kita sebagai orangtua yang sudah pernah sekolah, menganggap bahwa menstimulus matematika/logis hanya seputar angka-angka dan berbagai rumus yang sebenarnya tidak banyak disukai kebanyakan anak.

Membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan ketagihan memang butuh proses. Butuh jam terbang.
Berlatih dan berlatih adalah kunci dari sebuah pembiasaan yang bisa membuat kita terbiasa nantinya.

Berusahalah terus meski kita belum bisa memetik hasilnya sekarang. Nikmati proses dari berlatih tadi. Ajak anak-anak untuk lebih menyenangi matematika dengan cara yang berbeda.

Aliran rasa ini sebagai muhasabah diri saya pribadi yang selama ini begitu takut dengan kata matematika dan selalu berusaha menghindarinya karena cara pandang yang berbeda dalam melihat kecerdasan matematika/logis ini.
Padahal saya termasuk orang yang selalu berpikiran logis untuk semua hal.

Yuliana|12 Desember 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar