Sabtu, 02 Desember 2017

MENGENAL DAN MENGELOMPOKKAN DAUN SERTA MANFAATNYA

#Day10
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs


Pagi hari adalah saat yang paling menyenangkan untuk memulai aktivitas. Cuaca pagi ini sangat bagus untuk mengitari dan menemukan apa saja yang bisa dipelajari di halaman rumah. Dan tema kami hari ini adalah Mengenal Dan Mengelompokkan Daun Serta Manfaatnya.

Halaman rumah nene memang masih asri dan penuh pepohonan dari yang besar sampai rerumputan liar. Memang hanya rumah nenek saja lagi yang masih punya halaman se-asri ini sedang rumah tetangga lainnya sudah dicor dan jarang ada tumbuhannya sebagai penyejuk.

Agenda hari ini memang sudah diberitahu ke alta tadi malam. Jadi pagi-pagi benar setelah selesai saya mencuci, kami sudah siap diteras dengan membawa gunting sebagai alat pemotong daun. 

Satu persatu daun-daun tersebut dipetik, digunting dan dipotong alta. Dari yang daunnya lebar, penjang, runcing, bergelombang, bertektur, halus, kecil, dan berlekuk.

Ada 9 jenis daun yang berhasil kami kumpulkan. Sebenarnya masih banyak lagi sih, cuma saya belum tahu persis nama daun-daun lainnya..hehe

Setelah dipetik dan dipotong, Alta meletakkan daun-daun tersebut dilantai sebuah gerobak yang sedang diparkir didepan rumah dibawah pohon kelapa. Gerobak ini sudah lebih dari seminggu disini. Seringnya dijadikan mainan oleh anak-anak. Gerobak ini milik pekerja yang sedang mencor jalanan sekitar rumah.

Alta menyusun dan mulai mengelompokkannya berdasarkan besar, panjang dan bentuk.

Satu persatu pula saya menyebutkan nama daun-daunnya ke alta dengan memberitahu juga manfaat dari daun-daun tersebut. Meski belum hapal benar, yang jelas alta mulai mengenal daun-daun yang ada disekiar halaman rumah.

Dimulai dari daun pepaya yang memiliki bentuk yang unik, daun ini bisa dibikin sayur/lalapan dan buahnya tentu saja enak buat dimakan langsung ataupun dijus.
Daun nangka, daunnya memang tidak banyak yang saya tahu gunanya. Hanya buahnya saja yang bisa dijadikan bahan sayur seperti sayur lodeh, terus dibuat lalapan, bisa dimakan langsung kalo buahnya matang, bisa dijus dan bisa buat perasa makanan dan es krim.

Daun sirsak, daun ini biasanya digunakan Apih jika anak-anak sakit. Sedang buahnya tentu saja enak buat dijus….yummy.

Daun pandan dan daun suji, daun ini tiap hari digunakan nenek untuk membuat kue tradisional sebagai pewarna alami.

Daun pakis, biasanya enak nih buat ditumis…jadi laper.

Daun kelapa, nah ini jelas bukan buat dimakan tapi bisa dibikin wadah ketupat…jadi pengen boro-boro lebaran nih.

Dan yang terakhir rumput, gunanya sebagai penyerap air hujan.

Selain daun yang tumbuh, alta juga mengenal kegunaan daun kering yang jatuh ditanah sebagai pupuk alami dan penyubur tanaman .

Setelah selesai mengenal manfaat satu persatu daun-daun yang dipetik. Alta juga mengenal pohon tempat daun-daun ini berada. Selain sebagai peneduh dari terik matahari juga sebagai tempat binatang lain bersarang seperti burung, semut dan kelelawar.

Hari ini kami belajar banyak hal. Terutama yang ada disekitar kami jika kami mau belajar mengenalnya.

Semoga semangat belajar ini senantiasa terpelihara sampai nanti mereka dewasa dan menua.


Yuliana|2 Desember 2017



Tidak ada komentar:

Posting Komentar