Kamis, 08 Juni 2017

Day8

level1
#day8
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

                  PUASAKU DAN PUASANYA

#Refleksi pengalaman

Tadi siang karena panas yang begitu terik Nayla (ponakan 9 tahun) mengeluh kalo dia sangat ingin 1 hari saja libur puasa.

Memang sebenarnya dia belum termasuk wajib untuk puasa, diusianya sekarang hanya pembiasaan sambil perkenalan tentang ibadah puasa ini.

Saya tidak begitu tau  bagaimana orangtuanya (adik saya) mengenalkan pemahaman puasa kepadanya.

Kemudian dengan bercerita karena dia suka sekali kalo saya bercerita. Saya pun menceritakan tentang masa kecil saya dan mamanya sewaktu diusia dia dalam menjalankan ibadah puasa.

Saya : “Nayla, dulu ami juga pernah tidak puasa, batal puasa atau tidak sahur kemudian tidak puasa pada hari itu. Tapi almarhum kake (ayah saya) punya aturan, siapa yang tidak puasa maka dia tidak berhak ikut duduk dihadapan hidangan saat menjelang buka puasa. Dan kamu tau nayla, kalo yang terakhir makan maka yang ada cuma tinggal sisa-sisa saja….semua yang enak-enak pasti sudah ludes des des…”

Nayal : “Terus ?”

Saya : “Ya terima saja, namanya juga tidak puasa. Tapi dari situ kami semua termotivasi untuk menjalankan puasa.”

Nayla memang sering curhat ke saya kalo dia nga tahan puasa. Terus kadang menanyakan ke saya, gimana kalo abang nga tahan puasa. Saya jawab, abang boleh batal puasa karena abang juga belum wajib puasa, belum baliq. Dan saya beberapa kali mengucapkan itu dihadapan abang.

Selama 4 tahun ini abang selalu full puasanya, alhamdulillah. Meski tidak pernah diiming-imingi hadiah.

Pernah puasa tahun lalu, abang pengen banget batal puasa waktu itu puasa hari pertama. Saya tentu saja langsung mengiyakan (dengan muka datar terus senyum aja) tapi abang tidak langsung percaya dengan suruhan saya tersebut. Sebenarnya saya juga tau kalo abang tidak akan membatalkan puasanya demi apapun. Dia akan sangat malu nantinya jika ada ateman-temannya bertanya tentang puasanya pas lebaran nanti.

3 tahun yang lalu dia selalu full puasa karena tidak ingin jadi ejekan teman-temannya kalo ada bolongnya. Tapi tahun ini, dia sudah tau bagaimana puasa yang lebih bermakna. Bukan saja menahan lapar dan haus atau jadi bahan pamer ke teman-temannya kalo dia menang puasa sebulan penuh.

_________________________________________
                         
                      PUASA KOK MAKAN ?

Nayla beberapa kali merasa terganggu kalo liat alta makan dihadapannya. Memang alta baru 4 tahun. Belum sepenuhnya paham akan arti puasa. Memang sudah berkali-kali dikasih pengertian bahwa bulan ini adalah bulan puasa. Dimana-mana orang sedang puasa, yang artinya tidak boleh makan dan minum.

Alta juga sering diberitahu kalo mau makan di dapur saja. Tapi dia selalu ngotot kalo makan yang ditempat yang ada orang ngumpulya. Katanya kalo didapur sepi nga ada orang.

Saya : “Alta sayang, alta kan tidak puasa.”

Alta : “Aku puasa kok !” (mulut sambil terus mengunyah)

Nayla :  “Puasa kok makan?”

Saya : “Alta, kalo puasa itu nga boleh makan dan minum. Sekarang kan alta sedang makan itu artinya tidak puasa.

Alta : (sedikit cemberut)

Nayla: “Iya nih. Kalo makan disana aja..!” (sambil nunjuk dapur)
Alta: “Nga mau. Sepi..!”

Saya : “Alta tau tidak. Dulu waktu ami kecil kalo di bulan puasa seperti ini, siapapun yang  tidak puasa dan pengen makan harus sembunyi-sembunyi makannya. Nga boleh ada yang liat karena malu . Malu kalo tidak puasa.”

Nayla : “Kenapa ami?”

Saya : “ Iya, dulu sampai-sampai kalo mau makan, aroma makanan juga nga boleh sampai diketahui orang. Malu banget pokoknya. Sekarang mah enak. Kalo mau makan, masih ada nasi. Dan warung dimana-mana buka.
Zaman ami kecil, warung nga ada buka disiang hari, kalo pun maksa jajan, malu jalan dan beli ke warungnya. Karena akan ketahuan banyak orang kalo kita nga puasa. Lagian kesan masa kecil ami dibulan puasa, siapa nga puasa maka nga bisa makan. Jadinya cuman bisa minum doang... jadi sayang, kita harus menghargai orang yang sedang puasa ya.”

Alta : “Oh….”.

Saya : “Mulai esok, alta kalo mau makan di dapur aja ya. Supaya Nayla dan abang yanga sedang berpuasa tidak terganggu dengan acara makan alta dan aroma makanan alta.”

Alta : (Nga ada respon , sambil terus mengaduk nasi dipiringnya dengan sendok.

Saya : “ Yuk, esok kita latihan puasa buat alta”.

Alta: “Gimana?”

Saya : “Puasa 1 jam aja dulu, tapi bangun ya sahur nanti!”

Alta : “eh” ( sambil terus menyuap makanannya)
_________________________________________

Hal yang saya peroleh hari ini adalah terus bersabar dengan apapun sikap/respon yang diberikan anak-anak atas cara berkomunikasi kita dan pengalaman masa lalu kita selalu ada hikmah dibalik kejadian-kejadian tersebut.

Perubahan yang saya buat hari ini adalah lebih positif menanggapi hal yang terjadi di sekitar.

8 Juni 2017
Banjarmasin City

Yuliana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar