Rabu, 31 Mei 2017

Games Tantangan 10 hari #day1

#level1
#day1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Terdengar suara berisik dari arah kamar mandi yang ada disamping rumah. Ternyata alta (4 y)  sedang mandi sembari membuka kran dengan sangat derasnya terus terdengar juga suara cekikikan ternyata setelah saya liat, alta sedang mandi sambil maen bersama temannya.

Dan alta mandinya dengan bercebur di dalam bak toiletnya. Air didalam bak toilet penuh dengan busa samponya.

Saya langsung ingat poin dalam komunikasi produktif yaitu mengendalikan emosi saat seperti ini. Memang maunya ingin marah saja karena dia lagi asyik buang-buang air ledeng ( jadi langsung ingat kalo tagihan air sekarang naik 30% hedeh..).

Terus kalo marah-marah maka tidak akan menghasilkan apapun. Awalnya, Saya coba atur napas dulu beberapa menit sebelum mendatangi dia ke kamar mandi. Mencoba menyelami apa yang dia rasakan saat itu. Alta tampak kegirangan sambil berkata “ aku mandi pake sampo banyak, ami”.

Huh …hah…atur napas lagi. Sampo yang baru dibeli sudah habis separoh dan tentu saja lantai jadi licin.

Sembari memberikan handuk yang dia lupa membawanya dan tak lupa eye contact dan mengatur intonasi serta suara,
saya : “ alta kok mandi lagi?”
alta : “ iya, aku sennnnaaang mandi pake busa banyak”
saya : “ Ini handuknya, baknya kan sudah penuh. Tolong matikan dulu krannya “.
(selesai dia mematikan krannya ) saya pun lanjut mengatakan apa yang saya inginkan
Saya : “ alta habis mandi, air di dalam bak nya harus dikuras sampai habis ya…, karena sudah tidak bisa digunakan untuk mencuci pipis/ee (*maaf) lagi.”
Alta : “kenapa?” (sambil terus mengguyur tubuhnya)
Saya : “ kan sudah tercampur sama sampo, kasian yang lain pake air bekas sampo.”

Alhamdulillah alta langsung mengerti,  Altapun langsung keluar dari bak toilet tersebut dan mengeluarkan air berbusanya sembari menyiram lantai kamar mandi yang licin tersebut.

-----------------------------------------
Apa yang saya peroleh dari berkomunikasi dengan alta tadi, saya mempelajari dan mempraktekkan beberapa dari poin komunikasi produktif seperti mengendalikan emosi, mengatur intonasi dan suara, eye contact, mengatakan apa yang saya inginkan dan KISS.
Saya meski harus banyak belajar dan praktek terus agar hasil maksimal.

31 Mei 2017
Banjarmasin City

Tidak ada komentar:

Posting Komentar