Sabtu, 27 Mei 2017

Nhw 8

Nhw#8_Yuliana_IIP Kalimantan 1

MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS

Pada nice homework #8 kali ini, saya harus meggali dan menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga secara teknis dengan mengambil satu aktivitas yang sudah saya tulis di kuadran SUKA dan BISA pada nhw#7 yaitu

MENDAMPINGI DAN MEMBERSAMAI BELAJAR ANAK.

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE  DO HAVE” di bawah ini :
1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)

>  Saya ingin menjadi Fasilitator belajar anak homeschooling (praktisi homeschooling)

2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)
Yang ingin saya lakukan adalah
> Membersamai anak dalam belajar mereka dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja

> Belajar bersama anak dalam menggali dan mengobservasi fitrah saya dan juga anak-anak

> Memperkenalkan berbagai aktivitas positif disekitar mereka

> Membentuk komunitas belajar khusus anak-anak homeschooling usia dini dan usia sekolah dilingkup kecil

> Berkegiatan bersama dengan orangtua yang memiliki tujuan yang sama

> Menemukan resource agar anak bisa belajar lebih jauh sesuai fitrahnya

> Berusaha bertemu dengan maestro dan belajar dari mereka.

> Merekam semua kegiatan anak- anak dalam bentuk porfolio

> Belajar, belajar, belajar untuk jadi fasilitator anak-anak dengan lebih sering membaca buku, mengamati anak-anak dalam keseharian dan aktivitas mereka, peka terhadap sekitar sebagai media belajar mereka.

3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)
> Saya ingin memiliki pemahaman tentang siapa diri saya sebelum saya memahami anak-anak saya agar saya bisa membersamai belajar mereka.

> saya ingin memiliki sebuah komunitas homeschooling usia sekolah dan usia dini sehingga bisa berkegiatan bersama secara rutin

> saya ingin membentuk sebuah yayasan yang bisa menaungi anak- anak dalam proses homeschooling mereka di daerah saya

> Saya ingin memiliki tempat yang bisa digunakan sebagai tempat belajar sekaligus taman bacaan untuk anak- anak  membaca dan berkegiatan

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)

Yang ingin saya capai dalam kehidupan ini adalah

> Menjadi Hamba yang bertakwa
> Menjadi Istri yang diridhoi suami
> Menjadi Ibu yang selalu bisa menjadi tauladan terbaik buat anak-anak
> Menjadikan anak lelaki sebagai suami idaman, sholeh, bertanggungjawab, berkarakter dan berakhlak mulia, imam buat keluarganya kelak

> Menjadikan anak perempuan Mampu menjadi istri idaman, yang sholihah, taat suami, dan ibu yang bijak untuk anak-anaknya kelak

> bermanfaat buat orang banyak

2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)

Yang ingin saya capai dalam 5-10 tahun ke depan adalah
> Mengantarkan anak-anak menuju cita-cita mereka dan mengenal fitrah mereka serta mengaplikasikan keahlian mereka untuk kemaslahatan orang banyak

> Melakukan travelschooling, jalan- jalan ke berbagai tempat dan daerah untuk belajar bersama anak-anak

> Memiliki sebuah yayasan yang menaungi dan memfasilitasi anak-anak homeschooling, anak putus sekolah, anak kurang mampu, dalam kegiatan belajar dan ujian mereka di daerah saya

> Memiliki taman bacaan gratis buat lingkungan sekitar

> Memiliki tempat untuk semua orang yang mau belajar baik itu anak putus sekolah, anak kurang mampu untuk belajar bersama sesuai minat, bakat , potensi dan fitrah mereka.

3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)

> lebih percaya diri berbicara di depan publik
> mencari totur buat anak pertama belajar komputer
> melanjutkan berbagi CD/DVD parenting
> mencari PKBM untuk anak pertamamendaftar ikut ujian kesetaraan
> Menguasai Bahasa Inggris lagi karena sudah lama fakum.

Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH

15 Maret 2017

Yuliana



Tidak ada komentar:

Posting Komentar