Sabtu, 27 Mei 2017

Nhw 4

NHW#4_Yuliana_IIP Kalimantan1

MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FITRAH

Setelah bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah , maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

> Saya masih tetap memilih jurusan ilmu Parenting yang meliputi : ilmu pengasuhan, pendidikan dan psikologi anak

b.  Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.
> Dalam 1 minggu ini setelah saya membuat checklist Indikator tersebut, ada beberapa didaftar tersebut yang belum saya kerjakan secara maximal, apalagi yang berhubungan dengan anak-anak.

c. Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.
> Bidang yang saya ingin kuasai adalah Pendidikan anak dan homeschooling
Misi hidup : Menjadi manusia yang seutuhnya yang bisa berguna baik bagi suami, anak-anak dan masyarakat.
Bidang : Pendidikan anak dan homeschooling
Peran : Motivator

d. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.
Ilmu yang ingin saya perlukan untuk menjalankan misi hidup saya adalah :

* Ilmu Multiple Inteligent  : Mempelajari 8 jenis kecerdasan dan hubungannya dengan fitrah anak
* Ilmu Parenting Nabawiyah : Mempelajari pengasuhan Rasulullah, para nabi dan para sahabat
* Ilmu Bahasa Inggris : Writing dan Spoken
* Bunda Sayang : Pendidikan anak an keluarga
* Bunda Cekatan : Manajemen waktu
* Bunda Produktif : Mempelajari ilmu pengembangan diri, public speaking dam membuat blog
* Bunda Saleha : Belajar memantaskan diri manjadi ibu yang memberikan tauladan buat anak-anak

d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

> Saya memulai perjalanan KM 0 pada usia 35 tahun. Memang tampak terlambat tapi saya yakin untuk sebuah keinginan belajar tidak ada kata terlambat. Saya akan berusaha mencapai 10.000 jam untuk belajar semua ilmu-ilmu tersebut (insyaAllah). Untuk itu saya menetapkan 4 jam sehari untuk mencari ilmu, membaca buku, membaca literasi, mengikuti seminar/webinar, mengikuti pelatihan/workshop baik online ataupun offline. Belajar langsung dengan praktisi yang kompeten dibidangnya.

Milestone  yang ditetapkan adalah sbb  :
KM 0 – KM 5( tahun 1- 5 ) : Mempelajari ilmu Multiple Inteligent, parenting Nabawiyah dan Bunda sayang
KM 5 – KM 6 (tahun 6 ) : Mempelajari ilmu pengembangan diri, public speaking dan Bunda Cekatan
KM 6 – KM 7 (tahun 7 ) : Mempelajari Bahasa Inggris writing/spoken dan Bunda produktif
KM 7 – KM 8 ( tahun 8) : Mempelajari ilmu seputar Bunda Saleha

e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.
> InsyaAllah saya akan terus berusaha memantaskan diri saya dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja

f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan
Alhamdulillah saya sudah menyelesaikan Nhw 4  ini. InsyaAllah bisa memenuhi kreteria dan maksud dari semua pertanyaan. Amin

18 Februari 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar