Kamis, 25 Mei 2017

QUIZ IBU-ANAK

Yuliana_IIP-Banjarmasin

QUIZ IBU - ANAK


Peserta (Daffa Aqila Atmalian Putra – 12 tahun)

Ditugas kedua ini, peserta diajak untuk mengenal Bagaimana membuat dan menulis diblog masing-masing.

Saya memang sudah memiliki blog sejak 2015. Saya menggunakan blogger. Namun selama ini blog tersebut untuk menceritakan atau sebagai portofolio homeschooling anak-anak saya. Memang sudah lama fakum karena lebih mudah posting ke facebook daripada blog.

Sejak ikut kelas Matrikulasi kemaren, saya mulai menggunakan lagi blog dan masih dengan akun yang sama saya buat blog ke 2 khusus atas nama saya pribadi.

Tugas kali ini melibatkan anak. Dan anak yang saya libatkan untuk tugas quiz ini adalah anak sulung saya yang berusia 12 tahun.

Timing wawancara quiznya pas saat dia lagi seru-serunya maen kelereng dirumah bersama 3 temannya dan adik-adiknya juga. Adiknya memang tidak ikut maen (yang tengah 4 tahun dan si bungsu 1 tahun) tapi sebagai ‘perusuh’ dan jadi anak bawang tepatnya.

Pertanyaan dan jawaban mengalir dengan ringan, karena saya tau persis kalo si abang ditanya saat berduaan saja maka jawabannya akan tidak optimal, banyak ngeyelnya.

Inilah jawaban quiznya :

* Apa perkataan yang sering Ibu bilang kepadamu?
Jawab: Beruntung batuah sugih kaya raya

( jawaban ini memang benar, sejak dia balita saya selalu mengucapkan pujian ini padanya. Meski sekarang agak mulai berkurang saya mengucapkannya).

* Apa yang membuat Ibu bahagia?
Jawab : Tertib dengan aturan Ibu

( sampai sekarang saya terus berusaha tidak terlalu perfeksionis pada anak-anak mengenai aturan dirumah, dan terus belajar bagaimana menjadi orangtua bijak).

* Apa yang membuat Ibu sedih ?
Jawab : Semua tidak patuh dengan ibu
(ini kebalikan dari pertanyaan sebelumnya saja katanya).

( Ternyata anak saya ini begitu mengenal saya dan juga memperhatikan saya… ‘maafkanya nak, mama juga masih terus belajar menjadi orangtua).

* Seberapa tinggikah Ibu ?
Jawab : Kurleb 156cm

( tepatnya tinggi badan saya adalah 155cm…)

* Apa hal yang paling Ibu suka mengerjakannya?
Jawab : Membersihkan rumah, memindahkan perabot rumah

( kadang seluruh anggota keluarga paham kalo saya mulai duduk-duduk santai sambil matanya melihat perabot rumah…’nih, pasti habis ini ada yang dipindahin’..hehe)

* Apa makanan kesukaan Ibu?
Jawab : Capcay

(ini jelas 100% benar, saya, suami dan si sulung menyuka makanan ini)

* Apa minuman kesukaan Ibu?
Jawab : Teh

(sebenarnya si Sulung nga yakin atas jawabannya sendiri, sebenarnya saya tidak begitu suka teh. Kalo minuman favorit saya adalah alpukat kerok..yummy)

* Jika Ibu pergi ke suatu tempat, kemana Ibu paling ingin pergi?
Jawab : Dubai

( Tidak saya duga si sulung menyimak tentang keinginan saya pengen pergi ke Dubai suatu hari nanti. Apalagi disana ada temen deket yang memang ngajakin kesana tahun depan, tidur di apartemennya, sekalian menemani keliling selama di Dubaimungkin nga ya? Amin dulu deh..:)

* Menurutmu bisakah kamu hidup tanpa Ibu?
Jawab : Bisa

( Saya yakin si Sulung mampu, karena dia sudah sejak kecil dipersiapkan untuk mandiri dengan dibekali lifeskill dasar).

* Apakah Ibu pernah membuatmu terganggu? Jika pernah, bisa ceritakan bagaimana?
Jawab: Pernah. Saat lagi maen seru-serunya terus dipanggil.

( Hehe..ini bener banget, si Sulung memang keseringan maen di luar rumah atau di halaman depan rumah. Dia maen dengan teman-teman sebayanya sesama anak cowok dengan bertualang keluar rumah, seperti maen sepeda, kerumah teman-temannya di gang sebelah, maen layang-layang, mencariikan ikan di empang dll..seringnya dipanggil untuk jagain si bungsu).

* Apa kegiatan yang kamu sukai dilakukan bersama ibu?
Jawab : Ngobrol, cerita-cerita.

( Alhamdulillah sampai saat ini saya masih sering mendengarkan cerita-cerita serunya tiap kali dia maen diluar rumah dengan teman-temannya. Ceritanya macam-macam. Kadang yang positif kadang sudah menjurus pada hal yang sangat mengkhawatirkan. Tapi saya tau persis si Sulung mampu menangkal pengaruh buruk dari teman-temannya. Si Sulung homeschooling dan teman-temannya semuanya anak sekolah. Tapi si Sulung tahu kalo apa yang teman-temannya lakukan salah dan dia tidak mau ikut-ikutan. Saat saya mendengar ceritanya, saya selalu bersyukur, Allah masih menjaga anak saya dari pengaruh luar).

* Apa pekerjaan Ibu ?
Jawab : Ibu Rumah Tangga

( Alhamdulillah Saya bersyukur Allah memberi kesempatan kepada Saya untuk menjadi Ibu Rumah Tangga saja sekarang. Fokus hanya kekeluarga saja. Sembari terus berusaha mengupgrade diri menjadi orangtua betulan tanpa malpraktik)

* Apa warna kesukaan Ibu ?
Jawab : Hitam

( Dulu waktu saya remaja bukan hitam warna favorit saya. Tapi karena koleksi hitam yang lebih banyak jadi anak saya taunya inilah warna kesukaan saya).

* Seberapa besar sayangmu pada Ibu ?
jawab : Satu milyar abad

( haha.. waktu Saya denger jawaban dia, pengen ketawa. Tapi ditahan aja, jawabannya memang seperti becanda. Tapi ekspresi dia saat mengucapkannya biasa saja, tak ada kesan becanda akan ucapannya. Mungkin saking dia sayangnya dia menjabarkannya dengan nominal itu. Alhamdulillah. I love you my boy…eh si tengah dan si bungsu juga).

Itulah jawaban-jawaban quiz dari si Sulung. Sedang suami sekarang lagi dinas keluar kota dan disana juga miskin sinyal. Jadi si Sulunglah yang menjadi teman berbagi cerita tentang apa saja setiap hari.


26 Mei 2017
Banjarmasin City

Tidak ada komentar:

Posting Komentar