Jumat, 01 Juni 2018

Siapa Yang Boleh Pegang Aku?

#Day16
#fitrahseksualitas
#learningbyteaching
#bundasayangsesi11




Pagi ini kami rencananya akan memeriksa Alta ke Puskesmas di seberang rumah.
Sejak kemaren Alta sudah demam , entah karena hidung tersumbatnya atau karena ada bintik merah dan bentol-bentol di kulit betisnya.

Kamipun antre dan menunggu dipanggil oleh bagian pendaftaran. Setelah 30 menit berlalu, kamipun dipanggil ke ruang bagian anak. Di sana sudah ada dokter jaga dan dokter muda seorang laki-laki.

Sebelumnya saya sempat bicara pada Alta sewaktu menunggu antrean mengenai apa saja yang akan dia lalui di ruang periksa, seperti; pertama akan ditimbang, diukur tinggi badan, ditanya dokter mengenai gejalanya dan akan diminta rebahan di kasur untuk diperiksa bintik merah yang ada diperut dan bentol di betis.

“Jadi jika nanti dokter meminta dibuka bagian perut dan betis kamu, maka boleh saja kan ada ami disamping.”

Alta pun mengangguk dengan lemas.

Buat saya inilah saat yang penting untuk mempraktekan pendidikan seks pada Alta. Mengenai daerah mana yang boleh dan tidak boleh dipegang/dilihat orang lain terutama laki-laki atau bukan mahromnya.

Dan qadarullah pengalaman Alta hari ini adalah  pertama kalinya Alta  diperiksa dokter sampai harus membuka bajunya.

Mengenalkan sex education lebih mudah dipahami anak-anak jika ada momen yang berkaitan lansung dengan mereka. Sehingga pengalaman tersebut akan mudah dipahami dan dimegertinya.

Yuliana


Tidak ada komentar:

Posting Komentar